Motor Susah Hidup Saat Mesin Dingin, Apa Penyebabnya ?

Salah satu masalah yang cukup membingunkan bagi pemilik motor adalah motornya susah dihidupkan, namun ini hanya terjadi saat mesin masih dingin. Kira-kira apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

Saya akan membagikan sedikit info yang terkait dengan masalah motor susah start di mesin dingin tersebut.

Penyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan motor susah distart saat mesin dingin, biasanya ini terjadi ketika pertama kali anda menghidupkan motor dipagi hari. Karena inilah kondisi paling dingin pada mesin. Apa penyebabnya ?

1. Kompresi motor bocor

Tekanan kompresi adalah tekanan udara didalam ruang bakar saat busi menyala. Tinggi rendahnya tekanan kompresi mempengaruhi pembakaran mesin, karena tekanan kompresi ini akan membuat bensin menjadi lebih mudah terbakar.

Apabila kompresi motor bocor, otomatis bensin akan lebih sulit terbakar saat busi menyala. Sehingga mesin pun akan sulit hidup saat awal-awal start.

Namun, mesin masih dapat hidup dalam beberapa kali start karena pada proses start sebelumnya, udara yang terkompresi namun tidak berhasil terbakar akan meningkatkan suhu mesin. Ketika suhu mesin mulai panas, barulah mesin motor dapat hidup.

Hal-hal yang menyebabkan tekanan kompresi turun atau bocor adalah ;

  • Ring piston aus
  • Blok silinder aus
  • Katup bocor
  • Packing/gasket kepala silinder rusak
  • Seal busi bocor/Busi kurang kencang


Selain susah dihidupkan di pagi hari, biasanya masalah tekanan kompresi bocor akan menimbulkan gejala lain seperti keluarnya asap putih dari knalpot saat mesin menyala, dan tenaga mesin terasa ngempos.

2. Aki mulai tekor

Aki berfungsi untuk memberikan daya listrik ke motor starter saat kita menekan tombol electric starter. Besar kecilnya arus yang mengalir ke motor starter akan mempengaruhi putaran motor starter. Semakin banyak arus listrik, maka putaran starter akan cepat namun sedikit arus listrik akan membuat putaran starter semakin rendah.

Sementara mesin, tidak mampu hidup saat putaran engkol dibawah 500 RPM dalam kondisi mesin dingin. Ketika mesin mulai panas, barulah meski putaran engkol tidak sampai 500 RPM, mesin bisa menyala.

Masalah aki tekor, juga bisa dideteksi dengan memencet tombol klakson. Ketika anda start motor namun tak kunjung hidup, coba hidupkan klakson. Kalau suaranya keras, maka bukan ini masalahnya namun kalau suara klakson lemah maka aki tekor.

3. Starter brush mulai aus

Penyebab yang ketiga ini juga memiliki ciri yang sama dengan penyebab yang kedua. Starter brush adalah sikat yang terletak didalam motor starter. Sikat ini berfungsi menghubungkan arus listrik dari baterai ke rotor pada motor starter.

Karena terus tergesek, lama kelamaan starter brush ini juga akan mengalami keausan. Saat starter brush aus, maka arus koneksi arus listrik ke rotor menjadi jelek. Sehingga, akan ada tahanan besar disitu.

Ini akan menyebabkan arus yang mengalir ke starter menjadi lebih sedikit meski aki tidak tekor. Sehingga putaran starter dibawah 500 RPM. Untuk mengeceknya, gunakan klakson. Kalau dalam tiga kali start mesin belum hidup dan anda merasa RPM starter itu lambat, coba hidupkan klakson. Kalau klakson masih lantang maka masalahnya ada pada motor starter.

Penyebab Lain Yang Membuat Motor Susah Dihidupkan


Selain tiga hal diatas, masih ada beberapa penyebab yang membuat sebuah motor susah dihidupkan. Namun masalah ini, tidak hanya muncul saat mesin dingin. Alias dalam kondisi mesin panaspun terkadang mesin sulit hidup.

Penyebab lainnya sebagai berikut ;

  • Pilot jet pada karburator tersumbat
  • Aliran bensin ke karburator tersumbat
  • Busi sudah lewat masa pakai (kondisinya hitam dan berkerak)
  • Masuk angin (khusus motor injeksi)


Itulah sedikit ulasan tentang penyebab motor sulit dihidupkan dipagi hari saat mesin dingin. Semoga bisa menambah wawasan kita.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger