Lampu Motor Mati Semua, Cek 5 Penyebab + Solusi Berikut

Meskipun lampu itu tidak punya pengaruh teknis terhadap performa sebuah motor, tapi sistem penerangan pada sepeda motor akan memberi keselamatan tambahan terhadap penggunanya karena sistem ini akan menerangi jalan yang gelap.

Apa jadinya, kalau lampu motor tiba-tiba mati ? yang mati bukan Cuma satu lampu pula tapi semua lampu mati ? pasti kita akan kesulitan untuk berkendaran dimalam hari. Lalu apa yah kira-kira penyebabnya ?

Oke untuk memberi kejelasan, di artikel ini motor butut akan coba menjelaskan semua penyebab yang dapat membuat lampu motor kalian mendadak mati semua.

Penyebab Lampu Motor Mati Semua


1. Sekering kelistrikan terputus

Penyebab yang pertama yang sering dialami adalah putusnya sekering utama kelistrikan body, dalam sebuah motor biasnya terdapat 3 atau lebih sekering dengan warna dan kapasitas yang berbeda.

Sekering yang putus akan memutuskan pula rangkaian arus listrik dari baterai, sehingga meskipun kita menyalakan saklar lampu, semua lampu tidak akan hidup karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke lampu.

Mengapa sekering sering putus ?

Putusnya sekering, bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Namun yang paling sering membuat sekering putus adalah karena ada korsleting pada satu titik pada rangkaian kelistrikan.

Korsleting ini bisa terjadi pada kabel tanpa pembungkus yang menyentuh frame motor, atau ada korsleting pada salah satu soket lampu.

Initinya, korsleting akan memicu aliran listrik yang berlebih sehingga sekering tidak kuat menahan aliran arus listrik yang lebih besar dari kapasitasnya. Namun, kalau benar sekeringnya putus jangan langsung ganti sekering tersebut dengan yang baru. Kalian perlu memastikan bahwa tidak ada korsleting pada rangkaian kelistrikan dulu.

2. Kerusakan pada kiprok

Kiprok memang tidak beehubungan dengan sistem penerangan, namun apa yang terjadi pada kiprok akan berpengaruh pada sistem penerangan. Kalau kiprok lemah, maka lampu motor yang akan redup. Sebaliknya, kalau kiprok jebol maka kiprok tidak mampu mengatur tegangan listrik yang mengalir.

Sehingga, akan ada aliran listrik bertegangan diatas 14 Volt ke dalam rangkaian listrik. Ini akan membuat filamen lampu yang hanya bertahan pada tegangan 12 Volt terputus. Yang putus juga tidak Cuma satu melainkan semua karena tegangan tinggi tersebut akan dialirkan ke semua sisem kelistrikan motor.

3. Spull motor mati

Spull adalah generator yang menghasilkan arus listrik untuk memenuhi semua kebutuhan kelistrikan sepeda motor. Sebagai generator, fungsi utama spull adalah menghasilkan arus listrik, kalau terjadi kerusakan pada spull otomatis tidak ada arus pengisian.

Ini akan membuat aki terus terkuran arus listriknya, sehingga ada titik dimana aki tekor dan bukan Cuma lampu tapi semua sistem kelistrikan motor akan mati.

4. Aki tekor

Aki tekor dengan kondisi spull yang mati hampir mirip, namun masalah spull biasa terdeteksi ketika kita sedang menyalakan mesin. Sementara lampu mati karena aki soak, itu dideteksi dipagi hari ketika kita akan menyalakan motor.

Namun tenang saja, aki tekor tidak mempengaruhi sistem kelistrikan selama mesin menyala dengan catatan sistem pengisian (kiprok dan spull) dalam kondisi normal.

Ini artinya, kalau anda mendeteksi kok tiba-tiba lampu mati dan klaskon juga sember namun mesin masih bisa dihidupkan pake kick starter, maka itu ciri aki yang tekor.

5. Soket lampu korslet

Ini masih berhubungan dengan penyebab putusnya sekering, hanya saja akan kita bahas spesifik. Soket lampu umumnya terbuat dari seng tipis, seng itu logam dan logam bisa berkarat. Inilah masalahnya, kalau ada karat pada soket lampu, maka potensi terjadinya korsleting bisa semakin sering.

Soket yang karatan, bisa disebabkan karena keseringan terkena air hujan atau karena sebelumnya pemasangan lampu kurang klop ke soket, ruang antara terminal bolam dengan soket akan terisi dengan kerak karena loncatan listrik. Dan ini juga berpotensi menimbulkan korsleting.


Bagaimana cara mengatasinya ?


Pertama, anda perlu cek sekering. Biasanya lokasi sekering ada didekat aki motor. Kalau ada salah satu yang putus, coba cari dimana letak korsletingny (biasanya ada disekitar kabel didekat mesin atau soket lampu). Setelah ketemu, buat agar tidak ada hubungan singkat baru anda bisa pasang sekering baru.

Kalau sekeringnya O.K, maka penyebabnya ada diantara tiga komponen, yakni aki, spull atau kiprok. Kalau anda merasa kesulitan dalam mendeteksi kerusakan, anda bisa datang ke bengkel. Demikian semoga bermanfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger