4 Penyebab Oli Mesin Ikut Terbakar Pada Motor

Pada motor 4 tak, harusnya tidak ada celah sedikitpun untuk oli masuk kedalam ruang bakar. Ini memang desain ruang bakar mesin 4 tak itu didesain agar rapat dari oli. Namun, tak jarang kita menemui motor 4 tak tapi ngebul kaya motor 2 tak.

Kira-kira apa penyebabnya ? dan bagaimana solusinya ?

Motor berasap putih itu tandanya ada oli yang ikut terbakar didalam ruang bakar. Penyebabnya, apalagi kalau bukan bocor oli kedalam ruang bakar. Pertanyaanya, mengapa bisa oli ini tembus ke ruang bakar ? apa penyebabnya ?

Penyebab Oli Ikut Terbakar Didalam Ruang Bakar


1. Bocor dari celah ring piston

Oli bocor dari ring piston itu sering sekali terjadi, biasanya ini terjadi pada motor yang sudah sepuh usianya. Maklum saja, ring piston dan silinder akan selalu bergesekan sehingga wajar kalau dalam waktu tertentu akan terjadi keausan.

Keausan inilah yang membuat celah ring piston semakin besar dan oli mesin dengan mudahnya masuk kedalam ruang bakar.

Terkadang, asap putih ini akan sangat terlihat ketika mesin baru dihidupkan. Ini karena ada genangan oli didalam ruang bakar yang masuk saat mesin diam (ini terjadi pada motor dengan mesin horizontal).

2. Oli masuk dari klep saat langkah intake

Seal klep juga tak kalah bermasalahnya, seal ini berfungsi agar oli didalam kepala silinder tidak masuk ke manifold. Tapi, seal ini terbuat dari karet yang bisa bermasalah kalau terkena panas secara berlebih terus menerus.

Akibatnya seal akan mengeras dan seal tidak mampu merapatkan, sehingga oli sedikit demi sedikit merembes kedalam intake manifold. Sementara itu kita tahu sendiri kalau semua yang ada didalam intake akan disedot masuk ke silinder mesin termasuk kalau ada oli.

3. Engine oil up saat motor terjatuh

Engine oil up adalah istilah yang menggambarkan oli mesin dari bak engkol bergerak keatas mencapai filter udara. Ini bisa disebabkan karena oli mesin terlalu penuh sehingga tekanan oli akan mendorong sebagian oli naik ke filter melalui lubang ventilasi.

Faktor lain, saat motor jatuh oli juga bisa bergerak mencapai filter yang nantinya oli tersebut akan masuk ke ruang bakar.

4. Oli bocor lewat gasket

Fungsi gasket atau packing kepala silinder adalah perapat antara blok silinder dan kepala silinder. Fungsi packing ini sebenarnya untuk mencegah kebocoran kompresi, namun karena ada jalur oli pada sambungan ini maka gasket ini juga digunakan sebagai pencegah oli keluar jalur oli.

Kalau gasket mengalami kerusakan misal salah satu sisinya ada yang retak atau bengkok ataupun sobek maka itu akan berimbas pada kompresi yang bocor dan kalau sisi yang rusak mengenai jalur oli maka oli bisa masuk kedalam ruang bakar ataupun bocor keluar mesin.

Kalau olinya bocor kedalam ruang bakar, otomatis oli akan ikut terbakar dan meninggalkan asap berwarna putih.

Lalu Bagaimana Solusinya ?


Kalau ternyata anda mendapati asap putih keluar dari knalpot motor maka segera cek dimana penyebabnya. Kalau ada gejala loss power maka penyebabnya bisa pada gasket yang rusak ataupun karena ring piston aus.

Namun, kalau tidak ada gejala loss power maka anda lihat kondisi mesin apakah ada rembesan oli atau tidak. Cara untuk mengilangkan masalah ini, adalah dengan mengganti komponen yang menjadi biang kerok itu.

O.K itu saja yang bisa saya share disini semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger