5 Tanda Mesin Motor Overheat/Panas Berlebih

Overhat adalah istilah yang mengambarkan temperatur mesin yang panas berlebih. Ini bisa disebabkan banyak hal salah satunya yang paling sepele adalah karena oli mesin kurang (selengkapnya bisa anda simak 5 penyebab mesin motor cepat panas).

Akibatnya, bermacam-macam dari mulai suara motor berisik hingga mesin motor mogok karena piston terkunci. Kalau ini sudah terjadi anda perlu membawa motor ke bengkel, di bengkel motor anda akan langsung dibongkar mesinnya untuk mencari tahu letak kerusakan. Untuk biayanya bisa 500 ribu hingga 1 juta tergantung kerusakan.

Ternyata hanya karena mesin terlalu panas kita bisa tekor hingga 1 juta rupiah. Namun, semua hal diatas tidak akan terjadi kalau anda jeli dan peka. Akibat diatas akan timbul saat motor terus dipaksa saat kondisinya overheat, namun tak banyak orang yang tahu apa tanda mesin motor yang kepanasan.

Oleh sebab itu di artikel ini, motor butut akan membagikan info mengenai tanda atau ciri-ciri apa saja yang mengindikasikan motor telalu panas.

Ciri – ciri mesin motor overheat


1. Terasa hawa panas pada kaki

Saya yakin untuk yang sering mengendarai motor laki tanpa fairing pernah merasakan ini saat berkendara. Hawa panas dari mesin berkapasitas besar itu lebih terasa ke kaki. Namun, anda harus bisa membedakan mana hawa panas yang normal dan mana hawa panas yang berlebihan.

Caranya, gunakan kepekaan anda atau gunakan indra perasa anda. Kalau saat bekendara anda merasa bahwa hawa panas yang terasa pada kaki itu lebih panas dari biasanya segera hentikan motor anda untuk lebih mendinginkan mesin.

Namun, bagaimana dengan motor matic ? kita simak ciri berikutnya.

2. Tercium bau sangit dari bagian mesin

Bau sangit ini muncul karena ada benda yang terbakar, namun tidak dalam arti terkobar-kobar oleh api. Sesuatu yang meleleh karena panas mesin juga dapat menimbulkan bau sangit, ini bisa terjadi pada komponen berbahan plastik disekitar mesin seperti pembungkus kabel, atau rumah soket.

Namun, anda juga perlu memperhatikan bau sangit yang dihasilkan kopling. Penggunaan kopling setengah saat menanjak juga bisa menimbulkan bau sangit. Jadi kalau dalam kondisi datar tercium bau sangit maka hentikan motor anda dan cek bagian mesin apakah ada komponen yang meleleh.

3. Mesin ngelitik

Mesin ngelitik atau knocking itu kondisi dimana ada suara ketukan pada mesin. Suara ini muncul biasanya karena kesalahan kita dalam memilih bensin (bensin oktan rendah dapat menimbulkan knocing).

Namun kalau anda memilih bensin yang tepat dan ternyata terjadi knocking, itu baru ada masalah pada suhu mesin motor anda.

Perlu diketahui, knocking terjadi karena bensin terbakar sebelum busi menyala. Ini bisa disebabkan tekanan kompresi terlalu tinggi, oktane bensin terlalu rendah, atau karena suhu udara didalam silinder mesin sangat tinggi.

Apabila mesin mengalami overheat, maka semua yang ada didalam mesin juga akan mengalami peningkatan suhu dari sebelumnya termasuk udara didalam silinder mesin. Sehingga bisa terjadi knocking atau ngelitik.

4. Suara motor jadi lebih kasar

Suara motor akan lebih berisik karena oli mesin mengalami penurunan performa karena terpengaruh suhu yang terlalu tinggi. Sehingga, imbasnya pelumasan kurang maksimal dan peredaman terhadap gesekan antar komponen juga kurang baik.

Suara motor ini bisa dideteksi melalui indra perasa anda. Kalau anda merasa suara mesin kok jadi lebih kasar, coba perhatikan tiga tanda lain diatas. Kalau ada salah satu yang muncul maka segera pinggirkan motor anda dan matikan hingga suhunya turun.

5. tarikan motor menjadi lebih berat

Tarikan motor akan tertahan karena putaran engkol mesin akan terhambat. Siapa yang menghambat ? dalam kondisi yang sudah mulai parah, overheat pada motor akan menyebabkan beberapa komponen mesin memuai. Ini sesuai hukum fisika dimana logam akan memuai apabila terkena panas.

Akibatnya, piston jadi lebih seret dan poros engkol juga jadi lebih seret. Sehingga putaran engkol akan semakin berat. Imbasnya ada pada akselerasi mesin yang mendadak turun.

Kalau ini muncul maka segera pinggirkan motor anda dan jangan disiram dengan air dingin, karena itu akan membuat blok silinder retak (panas vs dingin langsung retak). Anda bisa memarkirkan motor anda di daerah yang memiliki hembusan angin agar panas mesin secara alami berpindah ke udara.

Demikian artikel tentag ciri ciri mesin motor overheat. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger