4 Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup Saat Dingin

Motor injeksi sejatinya dibuat sebagai penyempurnaan mesin sepeda motor, agar mesin lebih efisien dan lebih awet. Tapi yang namanya barang buatan manusia pasti suatu waktu bisa rusak.

Salah satunya masalah motor sulit hidup dipagi hari atau saat suhu mesin dingin. Dan masalah ini terjadi pada motor yang menggunakan sistem injeksi, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ?

Ini dia jawabannya

Penyebab Motor Injeksi Susah Hidup Saat Dingin


Ada 4 hal yang menyebabkan motor injeksi sulit dihidupkan dipagi hari ;

1. Aki mulai tekor

Aki merupakan komponen yang paling penting untuk menyuplai listrik saat awal menghidupkan mesin motor. Elektrik starter itu menggunakan energi listrik yang diperoleh dari aki untuk memutar poros engkol mesin.

Sementara itu kita tahu kalau putaran poros engkol itu tidak ringan, sehingga saat proses start itu memerlukan listrik yang cukup banyak.

Apa jadinya kalau listrik pada aki kurang ?

Starter masih tetap bisa hidup namun RPM starter itu lebih rendah, RPM yang lebih rendah ini sebenarnya bisa untuk menghidupkan mesin apabila suhu mesin sudah panas. Tapi kalau dipagi hari dimana suhu mesin masih dingin maka mesin tidak akan bisa menyala.

Lalu solusinya ?

Pakai kick starter, kalau tidak mau ganti aki. Tapi kalau mau yang lebih mudah anda bisa setrum aki motor anda atau ganti pakai aki yang baru.

2. Brush sistem starter mulai aus

Penyebab nomor dua ini juga hampir sama gejalanya seperti yang pertama, brush itu sikat yang menghubungkan listrik dari aki ke rotor didalam motor starter. Dalam kinerjanya, brush akan selalu bergesekan dengan rotor.

Sehingga lambat laun ketebalan brush akan semakin berkurang.

Kalau brush semakin tipis maka tekanan brush ke rotor itu semakin kecil dan ini bisa menjadi hambatan arus listrik yang disalurkan ke rotor.

Dengan kata lain, saat brush tipis maka listrik yang didapat oleh sistem starter menjadi lebih kecil sehingga putarannya kurang cepat dan hasilnya tidak mampu menghidupkan mesin disuhu dingin.

Tapi, yang unik terkadang mesin bisa dihidupkan secara normal. Ini dipengaruhi juga dengan suhu mesin, jadi kalau gejala susah start tadi jarang terjadi maka bisa jadi masalahnya ada pada brush.

Solusinya ?

Anda harus mengganti brush didalam motor starter, untuk menggantinya harus ke bengkel dengan biaya yang relatif terjangkau (dibawah 100 ribu rupiah).

3. Busi kotor dan tidak pernah service

Walau motor injeksi, perawatan juga harus tetap jalan terus. Jangan mentang-mentang motor sudah injeksi, perawatan mesin ditinggal. Perawatan seperti pembersihan busi itu tetap perlu dilakukan secara berkala.

Kalau busi tidak dibersihkan, bisa jadi busi tadi kotor dan menghambat sistem pengapian mesin. Sehingga banyak gejala yang muncul, dari mesin yang susah hidup sampai mesin yang brebet.

Solusinya, bersihkan busi motor dan bila perlu ganti busi dengan yang baru.

4. Tekanan kompresi motor drop

Terakhir, penyebab ini terbilang kronis. Mengapa disebut kronis ? karena kalau tekanan kompresi sudah drop artinya kerusakan sudah ada didalam komponen inti mesin.

Tekanan kompresi itu mempengaruhi keberhasilan pembakaan, dan daya pembakaran itu sendiri. Kalau tekanan kompresi drop, setidaknya ada dua gejala yang muncul yakni ;

  • Mesin susah hidup saat dingin
  • Daya mesin berkurang drastis


Selain itu, terkadang anda juga akan menjumpai asap putih dari knalpot motor.

Kalau gejala-gejala tadu muncul, maka fix tekanan kompresi drop. Untuk mengeceknya lebih lanjut memerlukan alat bernama compression tester gauge. Alat ini ada di bengkel, jadi segera bawa motor anda ke bengkel sebelum kerusakan menjalar ke komponen lainnya.

Ok, itu saja artikel kita kali ini semoga bermanfaat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger