4 Cara Menyetel Karburator Motor Honda

Salah satu perawatan sepeda motor karbu, adalah dengan rutin menyetel karburator motor. Sebenarnya untuk menyetting karburator motor ini sangat mudah, karena siapapun anda bisa melakukannya. Ini hanya dilakukan dengan memutar-mutar sekrup.

Namun, ada juga tekniknya sehingga penyetelan bisa berlangsung secara ideal.

Kali ini kita akan membahas bagaimana tata cara menyetel karburator pada motor Honda. Motor yang dipakai, itu motor dari keluarga Astrea, dan Supra series. Jadi untuk lainnya bisa menyesuaikan.

Pada motor tersebut, ada dua buah sekrup yang letaknya berurutan yakni t sekrup angin untuk mengatur pembukaan skep dan yang kedua sekrup bensin untuk mengatur kadar bensin yang keluar dari pilot jet. Untuk menyetel karbu, anda perlu mengkombinasikan putaran dua sekrup ini.

Cara Menyetel Karburator Motor Honda


Untuk menyetel karburator motor, alat yang perlu dipersiapkan antara lain ;

  • Obeng (-) karena salah satu sekrup spuyer menggunakan kepala sekrup -
  • Kopi (bila perlu) karena memang alat yang dibutuhkan itu cuka obeng. Jadi cukup simple harusnya.


Terus bagaimana langkah-langkahnya ?

1. Pertama, tutup habis sekrup bensin

Langkah pertama, tutup habis spuyer pilot jet, apa itu spuyer pilot jet ? ini adalah sekrup yang letaknya ada dibelakang dengan posisi agak miring. Caranya dengan mengencangkan (memutar sekrup searah jarum jam) hingga mentok.

Ini akan menutup habis saluran bensin, jadi nanti saat dihidupkan motor tidak akan hidup.

Mengapa kok malah tidak bisa hidup ?

Sabar, karena prosesnya masih panjang.

2. Kencangkan sekrup angin

Sebelum motor dihidupkan, putar dulu sekrup pengatur angin (sekrup yang ada didepan) kira-kira 2 putaran saja.

Mengapa perlu dikencangkan, saat kita mengencangkan sekrup angin maka skep akan semakin terangkat sehingga membuka jalur udara dan juga membuka jalur bensin pada main jet.

Ini dimaksudkan agar motor dapat dihidupkan setelah sekrup pengatur bensin ditutup habis. Jadi anda patut memperhatikan langkah ini karena kalau dilewati motor tidak akan bisa dihidupkan.

3. Hidupkan motor

Terserah anda mau menghidupkan menggunakan kick starter, elektrik starter atau didorong. Intinya mesin dapat hidup, kalau masih susah hidup juga, kencangkan lagi sekrup udara sekitar 1 putaran saja.

Nanti saat mesin hidup, maka putaran mesin akan sedikit naik. Itu adalah hal yang wajar. Setelah sampai kondisi ini, baru kita mulai melakukan setting karburator.

4. Putar dua sekrup secara bergantian

Untuk menyetel karburator motor Honda, anda perlu memutar kedua sekrup ini secara bergantian, caranya seperti ini ;

  • Pertama putar dulu sekrup angin kearah mengendorkan (kebalikan jarum jam) maka RPM akan turun, terus kendorkan sekrup ini hingga RPM motor sangat rendah tapi jangan sampai mesin mati.
  • Lalu gantian kendorkan sekrup bensin, juga ke arah kebalikan jarum jam. Maka RPM mesin akan naik kembali. terus putar sekrup ini hingga tidak terasa penambahan RPM mesin.
  • Saat dirasa RPM sudah tidak ada kenaikan, terakhir balik lagi kendorkan sekrup angin. Kali ini kendorkan sekrup hingga RPM turun untuk mengatur RPM idle yang anda kehendaki.


Kalau idealnya, itu sekitar 1000 RPM. Jadi kalau lebih rendah dari itu mungkin masih bisa hidup tapi nanti keesokan harinya mesin juga sulit untuk dihidupkan karena anginnya terlalu kecil. Sehingga hanya sanggup nyala ketika mesinnya panas.

Apakah cara diatas bisa digunakan pada motor selain Honda ?

Tentu bisa, tapi mungkin letak sekrupnya berbeda (bisa terbalik) jadi sesuaikan dulu dengan keadaan peletakan sekrup penyetel angin dan bensin.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger