8 Cara Mudah Membuat Saringan Knalpot Racing 4 Tak

Knalpot racing identik dengan suaranya yang berisik dan memekakan telinga, kalau anda melihat orang menggeber motornya pakai knalpot ini saya yakin anda akan dongkol.

Mengapa knalpot racing punya suara yang cukup keras ?

Ini disebabkan karena desain knalpot racing itu ternyata cukup simpel dibandingkan dengan knalpot bawaan motor. Untuk knalpot bawaan motor, didalamnya itu ada berbagai macam part seperti saringan, peredam, penyekat ruang knalpot dan semuanya itu ditujukan untuk meredam suara pembakaran mesin.

Tapi pada knalpot racing, ruang knalpot itu dibiarkan melompong dan hanya menyisakan saringan knalpot itu juga ukurannya kecil, untuk peredamnya juga dibuat seminimal mungkin. Hal itu bertujuan untuk melancarkan gas buang.

Namanya saja knalpot racing, pasti yang dicari ya performanya. Jadi knalpot ini berfungsi untuk melancarkan gas buang mesin sehingga performa mesin bisa lebih joss, tapi kekurangannya suara pembakaran mesin tidak bisa diredam dengan baik sehingga cukup berisik.

Knalpot racing ini populer dikalangan pemilik motor sport 150 cc keatas, biasanya merk knalpot yang dicari adalah R9, Yoshimura, dan lainnya. Tapi, knalpot-knalpot bermerk itu punya harga yang mahal. Apa kita bisa membuat knalpot racing sendiri ?

Tentu saja bisa, asal anda punya kreatifitas.

Tapi perlu diingat, knalpot racing buatan sendiri itu sering disebut sebagai knalpot bobokan dan ini akan sangat rentan terkena razia pihak kepolisian. Jadi kalau anda mau punya knalpot racing tapi low budget, buat saja knalpot bobokan yang tidak terlalu berisik.

Caranya ada dua part yang mempengaruhi suara yakni peredam dan saringan knalpot.

Untuk peredam, letaknya dibagian sisi-sisi tabung knalpot. Saat anda membobok/membuka knalpot bawaan motor, anda akan melihat banyak peredam dibagian sisi knalpot. Anda bisa membuang semua sekat di jalur keluar exhaust gas, dan mengganti saringan knalpot yang lebih simpel namun jangan buang peredamnya.

Karena komponen inilah yang paling signifikan untuk meredam suara pembakaran mesin.

Lalu bagaimana cara membuat saringan knalpot yang simple ? inilah yang akan kita bahas dibawah.

Cara Membuat Saringan Knalpot 4 Tak


Cara ini memang bisa digunakan untuk motor 4 tak tapi untuk motor 2 tak, saya sendiri masih belum bisa memastikan apa bisa atau tidak. Saringan knalpot fungsinya lebih ke penyaringan material sisa pembakaran agar tidak mencemari lingkungan.

Banyak orang yang menyebutnya sarang tawon karena bentuknya berlubang mirip sarang tawon. Selain sebagai penyaringan, filter ini juga sedikit berperan dalam pembentukan suara knalpot karena rongga berlubangnya akan menimbulkan resonansi suara.

Jadi, untuk membuat knalpot racing namun tidak terlalu berisik, anda bisa membersihkan semua jalur keluar gas buang dan mengganti saringan knalpot yang lebih simpel.

Caranya seperti ini ;

1. Siapkan pipa berdiameter 2 - 3 cm dengan panjang maksimal 10 cm.


2. Lubangi semua permukaan pipa menggunakan bor, ukuran lubang yang direkomendasikan adalah 1 – 3 mm.

3. Semakin kecil lubang, maka semakin bagus juga penyaringannya.

4. Lubangi disemua permukaan, karena kalau lubangnya sedikit maka proses pengeluaran gas buang akan sedikit terhambat.

5. Siapkan moncong knalpot, ini bisa dibuat dari plat melingkar dengan diameter sama dengan diameter tabung knalpot.

6. Siapkan pula moncong knalpot, kalau ini bisa dibuat dari pipa yang sama dengan pipa saringan tapi jangan dilubangi dan panjangnya juga 5 cm saja.


7. Satukan ketiga komponen tersebut menggunakan pengelasan.

8. Pasang saringan yang sudah dilas kebagian belakang knalpot dan las saringan tersebut agar suara tidak bocor.


Mungkin itu saja tips simple dari saya mengenai pembuatan saringan knalpot racing 4 tak, ingat kami hanya menyarankan untuk tidak membuang peredamnya, tapi kalau anda bertekad untuk membuang peredamnya maka kalau terkena razia itu menjadi tanggung jawan anda sendiri.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2017 Motor Butut - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger