Cara bongkar tangki mobil hilux

Menguras tangki bahan bakar dari mobil Anda karena salah mengisi bensin atau bisa jadi karena anda akan menjual mobil anda tidaklah selalu mudah. Setiap mobil berbeda dan tangki bensin tidak didesain untuk membiarkan bensin keluar dari tangki setelah berada di dalamnya karena dapat menyebabkan malfungsi atau kebakaran.

Cara Menguras Tangki Bahan Bakar dengan Mudah dan Aman

Namun demikian, terdapat berbagai metode yang bisa dicoba yang mungkin dapat membantu Anda menguras tangki baik bahan bakar bensin atau bahan bakar diesel

1. Gunakan mobil sampai bensinnya hampir habis, apabila memungkinkan

Kecuali tangki Anda berisi bahan bakar yang tidak seharusnya, nyalakan mobil dan gunakan sampai hampir habis dengan cara mengendarainya. Parkirkan mobil dan biarkan mesinnya dingin sebelum mulai mengurasnya.
 

  • Strategi ini akan mengurangi jumlah pemompaan dan pengurasan yang harus Anda lakukan, dan menyisakan lebih sedikit bensin untuk disimpan atau dibuang.
     
  • Jangan pernah menggunakan mobil apabila bahan bakar yang berada di tangki bukan bahan bakar yang seharusnya digunakan. Menguras tangki penuh akan memakan waktu lama, namun bukan berarti tidak mungkin.

2. Beli sistem penyedot bahan bakar

Biasanya dijual di kebanyakan toko suku cadang mobil, penyedot ini merupakan pompa bahan bakar mobil yang dioperasikan secara manual dengan cara menyedot bensin dari mobil Anda ke dalam sebuah wadah. Pastikan Anda membeli penyedot yang cocok digunakan untuk bahan-bahan yang mudah terbakar, karena percikan api apa pun di dekat tangki bensin sudah pasti dapat menyebabkan bencana.

​​​​​​​

3. Masukkan selang ke dalam tangki bensin hingga tersisa sekitar 30-60 cm dari pompa

Bagian ini merupakan bagian tersulit dari keseluruhan proses, karena mobil yang lebih baru biasanya memiliki bola pelindung logam atau layar yang mencegah bensin keluar dari tangki apabila terjadi kecelakaan. Untuk mobil yang lebih tua seharusnya Anda dapat memasukkan selang langsung ke tangki tanpa halangan, namun Anda memerlukan strategi baru untuk model mobil yang lebih baru:
 

  • Siapkan selang terpisah yang lebih kecil, kaku, dan tidak mudah berbelit.
    ​​​​​​​
  • Paksa selang ini masuk hingga mengenai penghalang, kemudian putar, dorong, dan paksa selang masuk mengitari bola logam yang menghalangi tempat masuk ke tangki. Apabila tidak berhasil meskipun sudah menggunakan kekuatan yang cukup besar, jangan lanjutkan, karena dapat menyebabkan kebocoran tabung pengisi atau kerusakan lain.
     
  • Ambil selang yang lebih besar, yang tersambung ke pompa bahan bakar, dan selipkan melalui selang yang lebih kecil.
    ​​​​

4. Pompa hingga bensinnya keluar

Saat Anda memompa, pastikan sudah menyiapkan wadah untuk menampung bensin. Pegang ujung selang, karena dapat bergerak ketika bensin mulai mengalir. Apabila Anda tidak memiliki pompa, namun memiliki selang cadangan, masukkan juga selang tersebut. Kemudian tiup selang cadangan untuk mendorong udara ke dalam tangki, yang akan memaksa bensin keluar dari selang yang lain.

5. Keluarkan selang dan isi kembali tangki

Tangki sudah kosong dan Anda siap untuk melanjutkan menyervis. Apabila menangani kendaraan berbahan bakar bensin atau diesel yang berisi bahan bakar yang tidak sesuai, Anda mungkin perlu membilas tangki dan sistem bahan bakar dengan bahan bakar yang seharusnya.

6. Gunakan kembali bensin, atau buang dengan benar

Apabila bensin belum terlalu lama atau masih bisa digunakan, Anda dapat mengisikannya ke mobil lain atau ke mesin mobil berbahan bakar bensin.

Ingat, BBM merupakan cairan yang sangat mudah terbakar. Sebaiknya anda didampingi orang lain yang mungkin sudah pernah melakukannya dan tentu jauhkan dari barang – barang pemicu api saat melakukan kuras tangki ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Keluar Angin 

Apabila AutoFamily membutuhkan bantuan dari bengkel resmi untuk menguras tangki BBM, kunjungi saja bengkel Auto2000 sebagai dealer resmi Toyota di Indonesia. Segera book jadwal kunjungan Anda di Auto2000 Digiroom.

Tutup tangki bensin

Tutup tangki bensin mobil. Foto/Istimewa.Jakarta – Pernah nggak sih kalian melihat orang kebingungan pada saat hendak mengisi bensin mobil di SPBU? Rasanya beberapa orang ini sedikit kebingungan untuk bisa membuka tutup bensin mobil. Ternyata masih banyak juga nih orang yang belum paham tentang cara membuka tutup bensin mobil. Memang, tak semua mobil memiliki prinsip yang sama untuk membuka penutup bensinnya ini.

Kenapa hal ini cukup menarik untuk dibahas? Karena ternyata masih banyak juga orang yang belum bisa mengetahui cara membuka tutup bensin. Carmudi Indonesia ingin mencoba membahas sedikit cara membuka tutup bensin mobil untuk beberapa mobil. Mobil-mobil yang akan kami bahas merupakan mobil yang cukup banyak beredar di jalanan. Karena penggunanya yang banyak, maka cukup seru untuk dibahas.

Sebelum benar-benar mengetahui caranya, sebelumnya kita wajib tahu juga cara mengetahui posisi tangki. Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) punya sedikit tipsnya nih. Ia punya beberapa cara yang bisa dijadikan indikator mengetahui letak posisi tangki. Kadang masih banyak juga nih yang belum bisa membedakan antara tangki di sebelah kanan atau kiri.

“Jadi ada yang pakai tanda panah. Kalau tanda panahnya ke arah kiri berarti tangkinya ada di sebelah kiri. Berlaku sebaliknya. Tapi ada juga sebagian mobil yang ngasih tau indikatornya pakai gambar stasiun bensin. Kalau posisinya di kanan, berarti tangki mobilnya ada di sebelah kanan. Begitu juga sebaliknya,” kata Anjar. Cara ini bisa dijadikan patokan dalam menentukan letak tangki mobil. Jadi, kalian bisa mengetahui dengan cepat letak posisi tangkinya.

Model Pembuka Tutup Bensin Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Setiap jenis mobil memiliki cara pembuka tutup bensin yang berbeda-beda. Kira-kira model apa saja yang kerap ditemui di beberapa mobil? Ada beberapa model mulai dari tuas yang ditarik, memakai tombol yang ditekan, memakai anak kunci, laci tanpa kunci dan menekan kap penutup tangki. Beberapa model di atas tersebut merupakan model yang kerap ditemui di beberapa bagian mobil.

Model dengan Penarik Tuas

Salah satu cara membuka tutup bensin mobil yang sering ditemui adalah memakai tuas. Caranya adalah dengan menarik tuas berlogo selang SPBU yang ada di beberapa bagian. Terkadang tuas ini terletak di bagian bawah jok, atau di bawah dashboard. Mobil-mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) biasanya memakai jenis ini. Sebut saja Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Brio, Honda Mobilio, dan mayoritas mobil lainnya.

Namun, ada beberapa mobil lain yang memiliki letak tuas sedikit berbeda. Toyota Kijang Innova contohnya. Mobil MPV premium ini memiliki letak tuas tutup bensin di bagian bawah dashboard. Tuas tutup bensin ini bersebelahan dengan tuas pembuka kap mesin. Untuk model tuas seperti ini hanya membutuhkan cara menarik tuas yang ada. Tuas yang bergambar selang SPBU ini hanya perlu ditarik ke atas dan penutup tangki akan otomatis terbuka. Selain memakai tuas, ada juga nih yang pakai tombol.

Model dengan Menekan Tombol

Kira-kira mobil apa saja yang memakai tombol seperti ini? Ada nih, salah satu mobil yang memakai model tombol ini. Wuling Confero adalah salah satu mobil yang memakai jenis tombol. Mobil berjenis LMPV ini memakai tutup pembuka bensin dengan cara menekan tombol. Cukup menekan tombol berlogo selang SPBU ini bisa dengan mudah dibuka. Model pembuka tutup bensin dengan tombol seperti ini menjadi salah satu hal yang unik. Saat kebanyakan mobil memakai tuas, Wuling Confero hadir memakai tombol.

Letak tombol pembuka tutup bensin Wuling Confero ini berada di dashboard. Tepatnya di sebelah kanan dari bawah bagian setir. Tombol ini cukup mudah untuk dijangkau, jadi gak perlu khawatir kebingungan deh buat ngebuka tutup bensin. Selain kedua model di atas, masih ada lagi nih model pembuka tutup bensin dengan sistematis yang cukup unik. Yakni dengan memakai anak kunci. Hehehe, kedengeran cukup jadul banget ya? Tapi memang masih ada beberapa mobil yang masih memakai model ini.

Model dengan Memakai Kunci

Model pembuka tutup bensin dengan memakai kunci sebenarnya sudah mulai ditinggali, karena dianggap kuno. Selain kuno, cara membuka tutup bensin dengan kunci ini cukup merepotkan karena harus membawa kunci untuk membuka. Tapi masih ada beberapa mobil yang masih memakai cara ini. Suzuki APV, Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max masih memakai pembuka dengan kunci. Kendati dianggap ketinggalan jaman, tapi sebenarnya model ini juga masih ada kelebihan lainnya.

Kelebihan lain dari pembuka tutup bensin model ini adalah keamanan yang lebih terjamin. Karena tutup bensin baru bisa dibuka saat pengunci sudah dibuka memakai anak kunci. Jadi, tak sembarang orang bisa membuka penutup bensin model ini. Apalagi buat kalian yang mau mengambil bensin, bakalan bisa gigit jari nih karena nggak bisa dibuka begitu aja hehehe.

Model dengan Menekan Kap Penutup Bensin

Mobil Eropa menjadi salah satu mobil yang biasanya punya beberapa hal unik dari mobil Asia. Seperti tuas lampu sein di sebelah kiri contohnya. Selain itu, ada juga hal unik lainnya. Yakni cara membuka penutup tangki bensin pada mobil. Mobil Eropa biasanya memakai metode pembuka tutup tangki bensin dengan cara ditekan. Ditekan? Gimana maksudnya ya?

Untuk membuka penutup bensin mobil Eropa, biasanya sang pengendara hanya perlu menekan kap tutup bensinnya saja. Mobil Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi, Volkswagen, Alfa Romeo, FIAT dan beberapa merek mobil Amerika juga demikian. Cara untuk membuka penutup bensin dari beberapa merek Eropa ini hanya perlu menekan saja. Pengendara biasanya diharuskan mematikan mesin, lalu dilanjutkan dengan membuka kunci central lock.

Setelah mobil dalam keadaan tidak terkunci, kap penutup bensin dari mobil ini baru bisa dibuka. Tekan saja, lalu kamu sudah bisa melakukan pengisian bahan bakar. Jika kondisi mesin masih menyala dan kunci central lock masih dalam keadaan ON, biasanya tidak akan bisa membuka. Karena ini adalah salah satu fitur keamanan yang ada di merek mobil Eropa. Agar pengendara mematikan mesin dan berada dalam kondisi yang aman pada saat hendak mengisi bahan bakar.

Related Posts

Cara membersihkan jok kulit mobil berjamur

1. Jok mobil berbahan kulit sintetis Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya…

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Mobil Matic

Ketika membahas perawatan mobil matic, penting untuk memahami perbedaan antara oli mesin dan oli transmisi. Kedua jenis oli ini berbeda dalam fungsi dan peranannya pada mobil matic…

Cara pasang rpm digital pada mobil kijang super

Pengurus Organisasi Jazz Indonesia Bidang Otomotif Inilah video Berita, Informasi, dan ulasan Cara Pasang RPM / Tachometer Digital di Toyota Kijang Super 89 | Tutorial, tentang Mobil…

Cara Memperbaiki Spion Mobil Xenia

Apabila spion mobil Xenia Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan…

Mengapa Velg Mobil Bisa Peyang? Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pernah mengalami masalah velg mobil yang peyang atau bengkok, pasti merasa sangat tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja mobil…

Perbedaan Air Aki Mobil dan Motor

Jika Anda mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, maka Anda pasti tahu tentang aki. Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil dan motor yang berfungsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *