Cara spooring manual mobil new carry

Jakarta, CNN Indonesia

Spooring adalah salah satu bentuk servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Terdapat sejumlah tanda mobil harus spooring dan cara spooring yang benar agar ban mobil kembali lurus.

Pemakaian dalam waktu yang lama dan juga sejumlah perubahan dapat membuat performa mobil berubah. Begitu juga dengan posisi ban mobil yang dapat mempengaruhi laju mobil. Tujuan spooring adalah agar ban mobil kembali lurus seperti pada posisi semula.

Mobil yang membutuhkan spooring ditandai dengan munculnya kondisi tertentu. Misalnya, pada jenis mobil SUV, masalah spooring akan terasa saat Anda melewati jalanan bergelombang. Setir mobil akan terasa berat ke kanan atau ke kiri.

Tanda mobil harus spooring lainnya adalah setir mobil terasa bergetar saat melaju dengan kecepatan tertentu.

Berikut selengkapnya mengenai spooring mobil mulai dari mengenal spooring, syarat spooring mobil, manfaat spooring mobil, cara spooring mobil yang benar, dan biaya spooring mobil.

Apa itu spooring?

Handsome mechanic in uniform is working in auto service. Car repair and maintenance. Twisting/untwisting bolts on wheel.Ilustrasi cara melakukan spooring mobil. (Foto: Istockphoto/Vasyl Dolmatov)

Ilustrasi cara melakukan spooring mobil. (Foto: Istockphoto/Vasyl Dolmatov)

Spooring merupakan suatu proses pelurusan kembali posisi dudukan empat roda mobil ke posisi awal sesuai pengaturan pabrik. Pelurusan ini dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan keempat ban mobil.

Posisi ban mobil secara sepintas sulit dilihat mata telanjang. Namun, posisi ini akan mempengaruhi performa mobil dan terasa saat mobil dikemudikan. Penyebab perubahan posisi dudukan roda mobil biasanya terjadi akibat benturan, kondisi ban yang menipis, dan sebab lainnya.

Proses spooring juga biasanya akan dilanjutkan dengan proses balancing.

Tanda mobil harus spooring

damaged tire after tire explosion at high speed on highwayIlustrasi tanda mobil harus spooring dan cara spooring mobil yang benar. (Foto: iStockphoto/batuhan toker)

Ilustrasi tanda mobil harus spooring dan cara spooring mobil yang benar. (Foto: iStockphoto/batuhan toker)

Terdapat syarat, sinyal, atau tanda mobil harus spooring, meliputi:

  1. Permukaan ban sudah tidak rata
  2. Arah roda tidak lurus
  3. Arah setir mobil condong ke satu sisi
  4. Setir terasa berat dan sulit dikendalikan
  5. Setir mobil bergetar saat berjalan
  6. Setir tidak kembali ke posisi awal setelah berbelok
  7. Posisi ban melintang saat parkir di tempat rata
  8. Posisi ban belakang tidak sejajar dengan bodi mobil bagian belakang

Jika mobil Anda memiliki tanda-tanda tersebut, segera lakukan servis spooring dan balancing agar berkendara tetap nyaman dan aman.

Manfaat spooring mobil

Ilustrasi pengemudi mobilIlustrasi manfaat spooring mobil dan cara spooring mobil.(Foto: Jan Vasek/Jeshoots)

Ilustrasi manfaat spooring mobil dan cara spooring mobil.(Foto: Jan Vasek/Jeshoots)

Rutin melakukan spooring bisa membuat Anda hemat pengeluaran membeli ban mobil baru. Berikut sejumlah manfaat spooring:

  1. Memaksimalkan umur ban mobil
  2. Ketipisan ban mobil merata
  3. Mengemudi menjadi lebih nyaman
  4. Menjaga masa pakai kaki-kaki mobil lebih lama
  5. Meningkatkan stabilitas kendaraan.

Cara spooring mobil

Ilustrasi BengkelIlustrasi cara spooring mobil yang benar agar ban kembali lurus. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

Ilustrasi cara spooring mobil yang benar agar ban kembali lurus. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)

Spooring dapat dilakukan di bengkel khusus mobil atau Anda bisa melakukannya dengan manual. Di bengkel, servis spooring dilakukan dengan menggunakan mesin khusus untuk melihat keseimbangan ban mobil.

Cara spooring mobil manual dapat dilakukan dengan bantuan benang yang dibentangkan melingkari keempat ban untuk melihat posisi ban. Jika terdapat kerenggangan, maka ban mobil perlu spooring.

Spooring manual bisa dilakukan dengan menyetel tie rod pada roda yang belum lurus. Tie rod adalah komponen mobil yang meneruskan setir bagian bawah untuk menggerakkan roda ke kanan dan kiri.

Kapan harus spooring mobil?

Saat mobil memiliki tanda harus spooring, segera servis mobil Anda. Direkomendasikan juga untuk melakukan spooring mobil setiap 6 bulan sekali.

Biaya spooring mobil

Harga spooring sangat beragam tergantung bengkel dan jenis mobil. Kisaran biaya spooring berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp500 ribu.

Itulah cara spooring mobil, syarat dan tanda mobil harus spooring, manfaat spooring mobil, dan biaya spooring mobil. Pastikan Anda rutin melakukan spooring agar performa mobil tetap terjaga.

(imb/ptj)

[Gambas:Video CNN]

Cara spooring balancing ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa ke bengkel. Siapkan alat dan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Di masa pandemi seperti ini, terkadang kita juga menjadi malas untuk pergi ke luar rumah, termasuk ke bengkel untuk service mobil. Memang, ada fasilitas montir panggilan, tetapi apakah kamu tahu cara spooring balancing bisa dilakukan sendiri di rumah?

Ini dia cara melakukan spooring dan balancing mobil di rumah tanpa harus ke bengkel. Sebelum itu, ketahui dulu apa itu spooring dan balancing.

Memahami tentang Spooring dan Balancing

Spooring artinya proses meluruskan roda mobil agar kembali sejajar dan seimbang. Sedangkan balancing artinya menyeimbangkan bobot roda mobil. Kedua hal tersebut sangat berbeda bukan? Tetapi masih banyak dari pengguna mobil yang menganggap kedua perawatan tersebut sama. Lalu, bagaimana cara spooring balancing baik manual di rumah maupun di bengkel?

Cara Spooring Sendiri di Rumah

Idealnya memang spooring dan balancing dilakukan di bengkel ban terdekat karena bengkel-bengkel tersebut memiliki alat atau mesin khusus untuk melakukan spooring dan balancing. Tetapi, kamu perlu mencoba cara spooring balancing di rumah sebelum membawa mobilmu ke bengkel terdekat.

Cara spooring ini bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan benang dan meteran.

1. Menggunakan benang kasur atau benang layangan

Cara ini terlihat cukup rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah dilakukan. Alat yang perlu dipersiapkan adalah kunci pass ukuran 13, 14, 17, dan 19. Sebelum melakukan cara spooring balancing mobil, kamu juga perlu tahu tentang tie rod.

Tie rod adalah bagian mobil yang berfungsi meneruskan setir pada bagian bawah yang dapat menggerakkan roda ke kanan dan kiri. Langkah-langkah spooring dengan menggunakan benang adalah sebagai berikut:

  • Parkir kendaraan di permukaan yang rata.
  • Pastikan posisi lingkar kemudi dalam keadaan lurus dan sejajar.
  • Lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, kemudian ke roda belakang yang sama pada sisi lain. Kamu bisa mengikat ujung benang pada komponen di bagian dalam roda.
  • Kalau kamu menemukan cela pada salah satu roda depan, maka atur panjang tie rod sampai setelannya sesuai. Jangan gunakan dongkrak ya.
  • Siapkan kunci pass, kunci pass ring, dan kunci pipa ukuran 13, 14, 17, dan 19.
  • Kendurkan mur baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19. 
  • Setelah itu setel batang tie rod dengan kunci 13 atau 14. Putar sampai sisi roda depan dan belakang menyentuh benang secara pas, tidak renggang maupun tidak terlalu menekan.
  • Kemudian, kencangkan kembali baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19.

2. Menggunakan meteran

Selain menggunakan benang kasur atau benang layangan, kamu juga bisa menggunakan meteran untuk spooring mobil. Pertama, jalankan mobil sepanjang kurang lebih 3 meter lalu tarik rem tangan pada posisi setir lurus.

Kedua, ukur jarak antara kedua roda depan dan juga ukur sisi depan dan belakang roda menggunakan meteran. Apabila terdapat jarak yang berbeda pada roda-roda mobil, artinya roda perlu di-spooring.

Ketiga, lakukan cara spooring seperti menggunakan benang di atas. Penyetelan roda jangan lebih dari 1-5 mm ya.

Cara Spooring Balancing di Bengkel

Kalau menurut kamu cara spooring sendiri di rumah cukup rumit, maka cara terbaik adalah dengan membawa mobil ke bengkel ban terdekat. Ini dia cara spooring balancing yang dilakukan di bengkel.

Cara Spooring Mobil

Spooring ban ini dilakukan saat kondisi ban terpasang di sistem kaki-kaki mobil. Teknisi bengkel akan melakukan penyetelan sudut camber dan sudut caster pada roda bagian depan. Mengapa bagian depan? Karena yang biasanya melenceng adalah roda bagian depan.

Apabila ditemukan sudut roda melenceng jauh dari pengaturan pabrikan, maka mobil perlu dilakukan spooring. Posisi-posisi yang perlu dilakukan spooring adalah negative camber, positive camber, toe in, toe out, negative caster, positive camber.

Sebelum itu, pastikan teknisi di bengkel melakukan pengecekan terhadap komponen kaki-kaki mobil seperti tie rod, end tie rod, ball joint, dan bushing. Tujuannya agar dapat menemukan akar permasalahan sebelum dilakukan spooring. Jika komponen-komponen itu ada yang rusak maka perlu diganti terlebih dahulu.

Cara Balancing Mobil

Berikutnya adalah cara balancing mobil. Saat melakukan balancing, titik bawah, titik atas, titik kanan, dan titik kiri dari roda harus diseimbangkan. Caranya adalah roda dilepas terlebih dahulu dari mobil. Kemudian roda tersebut diletakkan pada mesin balancing.

Setelah itu mesin balancing akan memutar roda dengan kecepatan tinggi untuk menemukan titik yang perlu diseimbangkan. Setelah titik itu ketemu, maka akan diberi beban tambahan berupa besi atau timah kecil yang direkatkan di velg sampai hasilnya zero.

Apakah Spooring dan Balancing Mobil Harus Dilakukan Bersamaan?

Sebenarnya kedua hal ini bisa dilakukan terpisah apabila tidak ada gejala pada salah satunya. Artinya, spooring dan balancing tidak perlu dilakukan bersamaan. Tetapi apabila ban sudah dicopot untuk balancing, memang sebenarnya sekaligus dilakukan spooring juga. 

Hal ini juga berlaku ketika melakukan penggantian ban baru. Tujuannya agar roda tetap di posisi yang benar setelah proses bongkar pasang ban mobil. Tetapi kalau kamu yakin posisi roda sudah benar, maka tidak wajib melakukan spooring.

Jadi, mau melakukan cara spooring balancing sendiri di rumah atau membawanya ke bengkel ban terdekat? Kamu bisa dengan mudah menemukan 1.000+ bengkel umum terdekat lokasimu dengan menggunakan aplikasi Otoklix lho. Langsung booking servis di aplikasi dan bayar sesuai harga yang ada di aplikasi.

Sebagai salah satu jenis service rutin pada kendaraan, sebaiknya kamu mengetahui cara spooring mobil. 

Tetapi, spooring mobil itu apa? Singkatnya, spooring adalah proses pelurusan kembali posisi dudukan empat roda mobil ke posisi awal (alignment) sebagaimana settingan pabrik. Kemudian, supaya lebih maksimal, spooring  biasanya akan dilanjutkan dengan balancing. 

Tujuannya supaya keempat ban mobil bisa seimbang lagi. Proses spooring mobil cukup penting karena jika tidak ban tidak seimbang akan mempengaruhi performa mobil ketika dikemudikan. Biasanya, perubahan posisi dudukan roda ini disebabkan karena benturan atau kondisi ban yang sudah menipis.  

Cara spooring mobil

Cara spooring mobil ini dilakukan saat keempat ban dalam kondisi terpasang. Montir akan menyetel sudut camber dan sudut caster kedua roda depan. Sebab pada umumnya, roda bagian depan yang sering melenceng.

Jika sudut roda melenceng jauh dari setelan standar pabrikan mobil, maka montir akan melakukan cara spooring mobil. Beberapa hal yang akan disetel saat proses spooring adalah:

  • Negative/positive camber

  • Toe in/out

  • Negative/positive caster

Selain itu montir juga akan mengecek komponen lain yaitu tie rod, end tie rod, ball joint, dan bushing. Jika ada yang rusak, maka komponen-komponen tersebut akan diganti sebelum proses spooring.

Cara spooring manual

Selain dilakukan di bengkel, sebenarnya spooring bisa dilakukan sendiri di rumah, lho. Berikut ini informasi lengkap seputar cara spooring manual mobil beserta tipsnya. 

Cara spooring manual dengan benang

Memanfaatkan benang merupakan cara yang praktis untuk spooring manual. Caranya kamu hanya perlu membentangkan sebuah benang melingkari keempat ban untuk melihat posisi ban. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara spooring mobil manual dengan bantuan benang 

  • Siapkan benang kasur atau benang layangan dan kunci pass, kunci pass ring, dan kunci pipa ukuran 13, 14, 17, dan 19.

  • Parkir mobil

    pada permukaan yang rata terlebih dulu. Posisikan lingkar kemudi dengan lurus dan sejajar.

  • Jika mobilmu menggunakan dop velg maka lepaskan dulu.

  • Selanjutnya lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, lalu ke roda belakang yang sama pada sisi lain. Kamu bisa mengikat ujung-ujung benang pada per, sasis, atau komponen lain di bagian dalam belakang roda. 

  • Jika kamu menemukan cela pada salah satu roda depan, aturlah panjang

    tie rod

    sampai menghasilkan setelan yang sesuai. 

  • Gunakan kunci 17 atau 10 untuk mengendurkan mur baut pada

    tie rod

  • Gunakan kunci 13 atau 14 untuk menyetel batang

    tie rod

    .

  • Putarlah hingga sisi roda depan dan bagian belakang sudah menyentuh benang secara pas, tidak renggang maupun terlalu menekan sisi roda depan. 

  • Kencangkan kembali baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19.

Sebagai informasi tie rod ini merupakan komponen mobil yang berfungsi meneruskan setir bagian bawah sehingga dapat menggerakkan roda ke kanan dan kiri. Selama proses ini, usahakan kamu tidak memakai dongkrak mobil, ya!

Cara spooring manual dengan meteran

Selain dengan benang, kamu juga bisa memanfaatkan meteran untuk spooring mobil manual. Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan benang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Jalankan mobil sampai kurang lebih 3 meter, lalu tarik rem tangan sehingga posisi setir menjadi lurus.

  • Siapkan meteran untuk mengukur jarak antara kedua roda depan dengan sisi depan dan belakang roda. 

  • Jika terdapat jarak yang berbeda pada roda-roda mobil, maka roda perlu di-

    spooring

    .

  • Selanjutnya kamu bisa melakukan spooring mobil manual seperti memakai benang. Sebagai catatan, penyetelan roda ini usahakan tidak sampai 1-5 mm, ya!

     

Biaya spooring mobil

Tak hanya secara manual, kamu juga bisa melakukannya di bengkel ban mobil atau bengkel service yang melayani jasa spooring dan balancing. Spooring ban mobil dilakukan saat ban sudah terpasang di sistem kaki-kaki mobil. 

Sebelumnya teknisi akan mencari tahu apakah mobilmu membutuhkan spooring? Cara cek spooring mobil ini dilakukan dengan penyetelan sudut camber dan sudut caster pada roda bagian depan yang paling sering melenceng.

Jika teknisi menemukan sudut roda melenceng jauh dari pengaturan pabrikan, maka ini menjadi tanda kalau ban perlu di-spooring.  

Adapun biaya spooring mobil di bengkel mulai dari Rp100 ribu. Sebagian besar bengkel juga menyediakan paket spooring dan balancing seharga mulai dari Rp150 ribuan. Tarif ini bervariasi tergantung kebijakan dari masing-masing bengkel.

Tips spooring mobil

Biar proses spooring mobil, baik itu manual atau di bengkel bisa menciptakan hasil yang maksimal, kamu harus tahu tips-tips berikut ini. 

Kenali gejala ban perlu di-spooring

Terlambat melakukan spooring, bisa berbahaya, lho! Untuk itu kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja gejala-gejala ban mobil sudah saatnya spooring berikut ini: 

  • Terdapat aus pada salah satu ban mobil.

  • Permukaan ban, baik salah satu atau keduanya, sudah tidak rata.  

  • Rodanya terlihat miring saat diparkir, sekalipun di tempat datar.  

  • Lihat ban bagian belakangnya dengan mengambil jarak beberapa meter. Jika tidak sejajar lurus dengan bagian belakang, maka ban mobil sudah perlu di spooring. 

  • Ban mobil belakang yang bergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula juga menandakan perlu di-spooring.

  • Terasa getaran yang mengganggu kestabilan mobil ketika dikendarai.

  • Arah stir condong ke satu sisi ketika dikendarai juga menandai ban tidak dalam posisi yang semestinya.

  • Setir terasa lebih berat dan sulit dikendalikan ketika dikendarai. 

  • Setir terasa miring padahal sedang melewati jalanan yang bagus.

Disarankan ban mobil di-spooring setiap 10.000 km 

Selain melihat tandanya, kamu juga harus tahu waktu yang tepat spooring mobil. Baik spooring dan balancing memang bukanlah seperti servis berkala yang wajib dilakukan. Tetapi, sebaiknya lakukan service kaki kaki mobil secara rutin agar nyaman dan aman.

Untuk spooring dan balancing mobil disarankan 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali, di luar sejumlah tanda yang disebutkan di atas.

Sebaiknya dilakukan secara rutin

Dengan rutin melakukan spooring bisa membuat kamu lebih hemat pengeluaran karena tidak perlu membeli ban mobil baru. Adapun manfaat rutin dari spooring mobil adalah sebagai berikut:

  • Umur ban mobil lebih panjang

  • Masa pakai kaki-kaki mobil lebih lama

  • Menghindari penipisan ban mobil pada salah satu ban saja

  • Mobil jadi lebih stabil saat digunakan

  • Pengemudi bisa lebih nyaman mengendarai mobil yang rutin di service 

Lebih baik di bengkel atau spooring sendiri di rumah?

Spooring mobil manual maupun di bengkel keduanya sama-sama bisa dilakukan. Jika kamu ingin cara yang mudah dan gratis, maka bisa melakukan spooring sendiri di rumah. Apalagi saat ini sudah banyak tutorial, termasuk juga tutorial cara balancing mobil, yang bisa dicontoh ketika akan melakukannya.

Tetapi, cara ini belum tentu berhasil. Kalau kamu mau cara yang lebih aman, maka sebaiknya spooring dilakukan oleh ahlinya di bengkel servis mobil.

Spooring balancing: haruskah bersamaan?

Spooring balancing tidak harus dilakukan bersamaan. Kamu hanya perlu melakukan tindakan ini jika disarankan oleh pihak bengkel atau muncul gejala. Selain itu, ketika ban sudah dicopot untuk balancing, sebenarnya proses ini juga sudah termasuk spooring. 

Ini juga berlaku saat pemilik kendaraan mengganti ban mobil baru agar roda tetap di posisi yang benar setelah proses bongkar pasang ban mobil maka perlu keduanya. 

Namun, kalau kamu sudah meyakini posisi roda sudah benar, maka spooring tidak wajib dilakukan. Nah, kebanyakan orang mengira bahwa spooring dan balancing adalah prosedur yang sama. Padahal, keduanya berbeda.

Meskipun sama-sama berkaitan dengan pemeliharaan dan perawatan mobil, tapi ada perbedaan spooring dan balancing yang cukup signifikan. Keduanya tidak harus dilakukan secara bersamaan.

Manfaatkan asuransi mobil untuk perbaikan kendaraan

Walaupun biaya spooring dan balancing cukup terjangkau, tetapi ada banyak jenis perbaikan mobil lebih memakan biaya. Maka dari itu, sangat penting memiliki asuransi mobil terbaik, supaya kamu tidak perlu keluar banyak biaya lagi. Sebab, asuransi mobil akan menanggung berbagai biaya perbaikan mobil sesuai polis.

Yuk, cari tahu dulu asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Hitung sendiri juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Pertanyaan seputar cara spooring ban mobil

Bagaimana proses spooring?

Spooring adalah proses pelurusan kembali posisi dudukan empat roda mobil ke posisi awal (alignment) sebagaimana settingan pabrik. Kemudian, supaya lebih maksimal, spooring biasanya bersamaan dengan balancing.

Kenapa penting untuk memiliki asuransi?

asuransi kesehatan cashless

,

asuransi jiwa syariah

,

asuransi mobil

,

asuransi motor

,

asuransi rumah

, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.

Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu

Related Posts

Cara membersihkan jok kulit mobil berjamur

1. Jok mobil berbahan kulit sintetis Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya…

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Mobil Matic

Ketika membahas perawatan mobil matic, penting untuk memahami perbedaan antara oli mesin dan oli transmisi. Kedua jenis oli ini berbeda dalam fungsi dan peranannya pada mobil matic…

Cara pasang rpm digital pada mobil kijang super

Pengurus Organisasi Jazz Indonesia Bidang Otomotif Inilah video Berita, Informasi, dan ulasan Cara Pasang RPM / Tachometer Digital di Toyota Kijang Super 89 | Tutorial, tentang Mobil…

Cara Memperbaiki Spion Mobil Xenia

Apabila spion mobil Xenia Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan…

Mengapa Velg Mobil Bisa Peyang? Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pernah mengalami masalah velg mobil yang peyang atau bengkok, pasti merasa sangat tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja mobil…

Perbedaan Air Aki Mobil dan Motor

Jika Anda mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, maka Anda pasti tahu tentang aki. Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil dan motor yang berfungsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *