Kerusakan mesin mobil

Cara Mendiagnosa Kerusakan Pada Mesin Mobil

Pernah kesal karena mesin mobil sukar di starter? Atau mesin tiba-tiba mati? dan berbagai kerusakan lainnya? Apa sih penyebabnya dan gimana cara mendiagnosa kerusakannya? Yuk kenali cara mendiagnosa kerusakan pada mobil Anda, agar Anda bisa melakukan langkah tepat yang harus Anda lakukan.

1.Jika mesin mobil sulit di starter

Jika mesin mobil Anda sulit di starter, kemungkinan penyebab kerusakannya antara lain:

  • Motor starter rusak, atau
  • Ada kesalahan dalam sistem rangkaian listrik, atau
  • Penyambungan antar terminal kurang baik, atau
  • Kurangnya arus listrik pada baterai.

2. Jika motor starter bekerja, namun mesin tetap tidak dapat bekerja

Penyebabnya bisa jadi;

  • Motor starter rusak
  • Roda gigi dari roda gaya atau pinion rusak
  • Bensin habis, atau terlalu banyak bensin dalam ruang bakar
  • Bensin terlalu sedikit dalam karburator
  • Karburator banjir
  • Mesin menjadi terlalu panas
  • Busi yang tidak dalam performa terbaiknya

3. Jika mesin mobil tidak bekerja dengan halus

Diagnosanya:

  • Kabel busi dan distributor tidak terpasang dengan baik
  • Ada beberapa busi yang tidak bekerja dengan baik
  • Penyetelan karburator kurang tepat

4. Mesin tidak menghasilkan daya yang penuh

Diagnosa penyebabnya:

  • Kesalahan atau kerusakan dari sistem pembakaran atau penyalaan mesin
  • Penyaluran bahan bakar yang kurang tepat
  • Mesin mobil yang terlalu panas
  • Slip pada kopling
  • Terjadi gesekan pada rem
  • Proses kompresi dalam silinder kurang maksimal

5. Mesin tiba-tiba mati

Diagnosa penyebabnya:

  • Kurang tepatnya penyetelan putaran tanpa beban akibat saluran bahan bakar yang tersumbat atau bahan bakar yang habis
  • Busi tidak bekerja akibat kabel listrik terlepas atau terjadi korsleting listrik, ataupun terminal baterai kotor.

6. Jika Mesin tiba-tiba panas

Diagnosa penyebabnya:

  • Kekurangan air dalam karburator
  • Tersumbatnya pipa-pipa radiator
  • Selang radiator terpelintir atau tertekuk
  • Sirip radiator kotor
  • Rusaknya thermostat
  • Pompa pendingin tidak bekerja dengan baik
  • Saat penyetelan kurang tepat. Hal ini dikarenakan terlalu banyak kerak karbon dalam ruang bakar
  • Tersumbatnya knalpot
  • Slip pada kopling
  • Rem yang menggesek
  • Minyak pelumas yang rusak
  • Proses pelumasan yang kurang baik
  • Salah dalam menjalankan kendaraan
  • Beban kendaraan terlalu berat

Solusi Mengatasi Suara Mesin Mobil Kasar

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kenapa suara mesin mobil jadi kasar atau berisik. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan mengatasi masalah tersebut. Baik dari perawatan sederhana, hingga perawatan kompleks seperti turun mesin.

Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan, seperti:

– Mengganti Oli

Kendatipun Anda sudah rutin melakukan penggantian oli pada mobil Anda, namun jika cara penggantiannya salah dapat berakibat pada munculnya bunyi kasar pada mesin mobil Anda. Sangat disarankan untuk melakukan penggantian oli dengan benar.

Saat ini, ada metode yang disebut cuci darah untuk oli mobil di mana sistem penggantian oli dilakukan dengan mesin berteknologi canggih yang mampu memastikan mengangkat 100% oli kotor atau sisa-sisa karbon akibat pembakaran pada mesin mobil Anda.

– Tune Up Mobil

Melakukan perawatan Tune Up merupakan hal yang perlu rutin minimal 1 tahun sekali untuk dilakukan agar mobil Anda selalu dalam kondisi terbaiknya.

– Ganti Komponen Mobil yang Rusak

Penyebab bunyi kasar pada mobil Anda dapat diakibatkan salah satunya karena ada satu atau beberapa komponen dalam mobil yang rusak, sehingga performanya menurun.

Jika terjadi hal demikian, maka sangat wajib dilakukan untuk dilakukan penggantian komponen yang rusak dan sudah tidak dapat diperbaiki lagi. Hal itu sangat penting Anda lakukan untuk mobil kesayangan Anda.

– Lakukan Perawatan AC Mobil

Jika Anda merasa suara kasar tersebut muncul bukan dari mesin mobil Anda, ataupun oli yang kering. Maka, bisa jadi itu berasal dari kompresor AC Anda.

Jika demikian, maka Anda perlu melakukan perawatan AC dengan cara memberikan flushing sehingga mesin kompresor dapat kembali bersih seperti baru.

Demikianlah beberapa penyebab suara mesin mobil menjadi kasar atau berisik dan cara mengatasinya. Perawatan kendaraan secara berkala merupakan faktor penting bila ingin terhindar dari kerusakan yang dapat terjadi suatu hari. Dengan cara itu, setidaknya membuat kendaraan prima sehingga nyaman dan aman ketika digunakan.

Namun perlindungan bagi kendaraan pada dasarnya tidak hanya sebatas perawatan saja. Ada faktor lain yang juga penting bagi sebuah kendaraan. Bila Anda menjawab asuransi, itu benar. Sama seperti perawatan, kendaraan juga butuh perlindungan, terutama dari risiko kerusakan akibat kecelakaan, kehilangan atau pencurian, kebakaran, dan lainnya.

Sebelum terlambat yang berujung pada penyesalan, tidak ada salahnya untuk segera mengasuransikan mobil kesayangan Anda. Apalagi saat ini proses pembelian polis, pembayaran premi, dan pengajuan klaim semakin mudah. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat dimiliki dengan mengunjungi situs gardaoto.com melalui smartphone atau komputer (PC). #PeaceofMind bersama Garda Oto.

 

Mesin mobil bergetar saat dihidupkan adalah suatu hal yang wajar. Ini karena gerakan mesin saat dioperasikan akan menghasilkan getaran. Di samping getaran, Anda mungkin juga akan mendengar bunyi-bunyian tertentu.

Namun, bagaimana jika mesin mobil bergetar saat belum jalan? Anda patut waspada. Saat mobil dalam kondisi diam, seharusnya tidak ada getaran yang timbul karena mobil tidak bergerak. Lalu, bagaimana bisa mesin bergetar saat mobil dalam kondisi diam?

14 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Agar tidak semakin bingung, berikut adalah beberapa sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam.

1. Kesalahan pada setelan mesin

Penyebab utama mesin mobil bergetar saat diam adalah kesalahan pada saat penyetelan. Kesalahan seperti ini bisa terjadi saat Anda melakukan service mobil. Setelah melakukan perbaikan pada komponen yang rusak, teknisi akan mengembalikan mesin pada kondisi semula. Namun, terkadang saat proses pengembalian ini terjadi kesalahan.

Salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah mesin tidak terpasang sempurna pada engine mounting. Akibatnya, getaran mesin mobil tidak bisa teredam dengan baik. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya Anda melakukan perawatan mobil di bengkel terpercaya yang melakukan pengecekan ganda sebelum mobil siap digunakan kembali.
 

2. Kerusakan pada karet penahan kap mesin

Masalah kedua berhubungan dengan kap mobil. Komponen yang satu ini punya peranan penting bagi mesin mobil. Kap mobil memiliki peranan melindungi mesin mobil agar tidak terpapar gangguan dari luar mobil. Agar kap mobil dapat menutup dengan sempurna, maka komponen ini dilengkapi dengan karet penahan.

Selain bertugas memastikan agar kap tertutup sempurna, karet penahan juga berfungsi untuk menahan getaran mesin. Jika komponen ini aus karena panas dari mesin mobil, maka getaran pun akan sulit teredam. Cara mendeteksi masalah ini cukup mudah. Karet penahan yang sudah aus biasanya akan terasa gepeng. Bila memang karet penahan sudah rusak, segeralah ganti dengan karet penahan baru.

3. Engine mount mengalami gangguan

Agar mesin tidak bergeser saat mobil dioperasikan, mesin “ditahan” oleh sebuah komponen yang disebut engine mount. Engine mounting mencengkeram mesin agar posisinya tetap stabil meski mobil bergerak. Nah, mesin bergetar saat diam ternyata bisa disebabkan oleh kerusakan pada engine mount ini.

Jika mobil Anda pernah mengalami guncangan yang hebat, bisa jadi kekuatan cengkeram engine mount menurun. Akibatnya, mesin akan bergeser saat mobil berjalan. Mesin yang bergeser inilah yang kemudian menimbulkan getaran. Untuk mengatasinya, tidak ada cara selain memperbaiki engine mounting agar daya cengkeramnya kembali normal.
 

4. Busi bermasalah

Busi adalah sebuah komponen kecil yang menyusun mobil. Meski ukurannya kecil, fungsi busi sangat penting bagi kinerja mobil. Busi mobil pun bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam. Hal ini bisa terjadi jika salah satu busi yang dipasang pada mobil mati. Busi yang mati, meskipun hanya satu, bisa membuat mesin mobil berjalan “pincang”. Jika mesin mobil pincang, maka akan timbul getaran. Untuk mengatasinya, segeralah ganti busi yang sudah mati dengan busi baru.
 

5. Gangguan pada piston

Selain busi kendaraan, sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam juga bisa disebabkan oleh piston. Piston bekerja dalam suatu gerak statis secara terus menerus agar mobil dapat berjalan. Namun, ada kalanya piston menjadi goyang sehingga gerakannya terganggu. Gangguan pada piston ini kemudian akan menyebabkan penurunan tenaga pada mesin.

Piston menjadi goyang karena keausan. Bagaimana piston bisa aus? Biasanya, hal ini disebabkan oleh pengemudi yang terlalu sering memacu mobilnya dalam kecepatan tinggi. Penyelesaiannya tentu dengan mengganti piston yang sudah aus dengan piston baru sesuai tipe mesin mobil Anda.
 

6. Velg ban

Mesin mobil bergetar saat diam ternyata juga bisa disebabkan oleh komponen ban, tepatnya pada velg ban. Velg ban pada mobil memiliki fungsi sebagai penahan keseluruhan beban bodi mobil. Jika velg sudah terlalu tua, maka ketahanannya untuk menahan beban bodi mobil pun menurun. Akibatnya, mesin pun akan mengeluarkan getaran bahkan saat dalam kondisi diam.
 

7. Perputaran ban yang tidak sempurna

Selain masalah pada velg, masalah pada as roda ternyata juga bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam. As roda yang mengalami kerusakan (umumnya aus karena pemakaian), bisa menyebabkan perputaran ban yang tidak sempurna. Jika perputaran ban tidak sempurna, maka mesin pun akan bergetar. Anda mengalami masalah ini? Jika keausan belum terlalu parah, Anda bisa mengamplas as roda. Namun, jika aus sudah parah, Anda harus segera melakukan penggantian as roda.
 

8. Ban sudah terlalu aus

As dan velg ban memang bisa menyebabkan mesin mobil bergetar, namun ban mobil sendiri juga bisa menjadi sumber masalah. Hal ini bisa terjadi jika ban luar mobil Anda sudah terlalu aus dan halus. Ban mobil memang akan aus dan semakin halus jika digunakan terus menerus. Padahal, ban yang aus selain bisa membahayakan juga bisa membuat mesin mobil bergetar. Maka dari itu, pastikan Anda rutin mengganti ban mobil saat dirasa sudah terlalu aus dan banyak kerusakan.
 

9. Shockbreaker mengalami kerusakan

Penyebab mesin mobil bergetar selanjutnya jatuh pada komponen shockbreaker. Komponen satu ini punya peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil, terutama saat mobil dijalankan agar tetap nyaman bagi para penumpang di kabin. Jika shockbreaker rusak, maka bisa dipastikan mobil menjadi tidak seimbang. Mesin mobil pun akan mengeluarkan getaran yang tidak normal.

Agar masalah tidak bertambah rumit, segeralah ganti shockbreaker yang sudah rusak. Pastikan Anda menggunakan shockbreaker resmi yang memang sesuai dengan mesin mobil. Hindari membeli shockbreaker abal-abal yang justru bisa merusak mesin.
 

10. Masalah pada propeller mobil

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan sistem penggerak roda belakang, komponen propeller juga wajib dicek. Pada mobil penggerak roda belakang, terdapat propeller. Nah, propeller inilah yang bisa membuat mesin mengeluarkan getaran abnormal.

Propeller yang bermasalah akan membuat mesin mobil bergetar, tepatnya pada bagian belakang. Dalam kasus yang sudah parah, gangguan seperti ini bahkan bisa membuat mobil berjalan kurang seimbang dalam kecepatan rendah dan jalanan lurus. Untuk itu, segera perbaiki komponen propeller yang rusak.

11. Kampas rem mobil menipis

Sumber masalah mesin bergetar ternyata juga bisa datang dari sistem pengereman. Kampas rem yang sudah menipis akan menyebabkan pengereman menjadi tidak pakem. Hasilnya, mesin mobil pun akan bergetar, terutama saat mobil sedang melaju dan kemudian Anda melakukan pengereman mendadak. Untuk mengatasinya, Anda harus segera mengganti kampas rem yang sudah menipis. Ganti kampas rem lama dengan kampas rem baru yang tentunya sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.
 

12. Fan rotor pada AC

Sumber masalah selanjutnya terletak pada fan rotor AC. Fan rotor yang rusak akan membuat perputaran kipas AC menjadi tidak normal. Perputaran yang tidak normal inilah yang kemudian membuat mesin mobil bergetar.
 

13. Kampas kopling habis

Kampas kopling bisa menjadi sumber masalah mesin mobil bergetar saat diam jika akan habis. Dalam keadaan akan habis atau sudah menipis, kampas kopling akan membuat permukaan roda gila (flywheel) menjadi tidak rata. Nah, roda gila yang tidak rata inilah yang kemudian menyebabkan mesin bergetar.

Bagaimana solusinya? Anda harus segera membawa mobil ke bengkel. Teknisi akan menggunakan suatu alat bernama dial gauge untuk mengukur tingkat kerataan roda gila. Jika memang tingkat ketidakrataan sudah parah, maka komponen tersebut harus segera diganti. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya lakukanlah penggantian kampas kopling secara rutin. 

14. Distribusi bahan bakar tidak lancar

Terakhir, mesin bergetar saat diam bisa disebabkan oleh distribusi bahan bakar yang tidak lancar. Hal ini dapat terjadi pada mobil yang menggunakan sistem injeksi. Injector yang bermasalah akan menyebabkan distribusi bahan bakar menjadi tidak lancar dan inilah yang kemudian membuat mesin bergetar bahkan saat diam.Masalah mesin mobil bergetar saat diam tidak akan terjadi jika Anda rutin melakukan perawatan mobil. Segera lakukan perawatan mobil Toyota kesayangan Anda dengan layanan bengkel dari Auto2000. Layanan bengkel Auto2000 dapat dipesan melalui tautan berikut: Bengkel Auto2000.

​​​​​​​Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Related Posts

Cara membersihkan jok kulit mobil berjamur

1. Jok mobil berbahan kulit sintetis Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya…

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Mobil Matic

Ketika membahas perawatan mobil matic, penting untuk memahami perbedaan antara oli mesin dan oli transmisi. Kedua jenis oli ini berbeda dalam fungsi dan peranannya pada mobil matic…

Cara pasang rpm digital pada mobil kijang super

Pengurus Organisasi Jazz Indonesia Bidang Otomotif Inilah video Berita, Informasi, dan ulasan Cara Pasang RPM / Tachometer Digital di Toyota Kijang Super 89 | Tutorial, tentang Mobil…

Cara Memperbaiki Spion Mobil Xenia

Apabila spion mobil Xenia Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan…

Mengapa Velg Mobil Bisa Peyang? Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pernah mengalami masalah velg mobil yang peyang atau bengkok, pasti merasa sangat tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja mobil…

Perbedaan Air Aki Mobil dan Motor

Jika Anda mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, maka Anda pasti tahu tentang aki. Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil dan motor yang berfungsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *