Oli mesin mobil agya matic

Bicara oli mesin, untuk Low Cost Green Car (LCGC) seperti Agya sendiri pilihannya sangat beragam di pasaran. Hal ini pun mungkin bisa membuat AutoFamily bingung memilihnya.

​​​​​​​

Tenang, jangan bingung. Sebab memilih oli mesin untuk Toyota Agya bertransmisi matic ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui rekomendasi kekentalan dari pabrikan Toyota dan mencarinya di pasaran.

Mobil ini sendiri direkomendasikan untuk menggunakan oli mesin SAE 0W-20. Bisa dikatakan bahwa oli tersebut sifatnya cukup encer, hal ini selaras dengan profil mesin 1.200 Agya yang memiliki komponen sangat presisi.

Oli yang baik untuk Agya selain wajib punya nilai viskositas maupun spesifikasi teknis yang sesuai dengan kondisi iklim tropis Indonesia, namun juga harus sesuai dengan kinerja mesin modern Toyota dengan teknologi Dual VVT-i.

Sebenarnya AutoFamily tak perlu pusing untuk mencarinya di mana oli dengan kekentalan tersebut. Anda hanya perlu datang ke bengkel Auto2000 terdekat dan oli Agya matic akan langsung diberikan pada mobil Anda secara baik dan benar. Di Auto2000 tersedia oli mesin TMO yang dirancang untuk berbagai macam mobil Toyota, termasuk Agya matic.

Penggantian oli Agya bertransmisi matic sendiri sama seperti mobil Toyota lainnya, yaitu setiap 10.000 KM atau setiap 6 bulan sekali. Jangan sampai AutoFamily telat melakukan penggantian oli mesin supaya kinerja LCGC satu ini selalu terjaga.

Selalu lakukan servis berkala secara rajin dan gunakan layanan booking service menggunakan aplikasi Auto2000 Digiroom.

Auto2000 Digiroom

MILIKI COROLLA CROSS DENGAN PENAWARAN MENARIK DARI AUTO2000

Oli mesin Agya matic menjadi salah satu bagian yang wajib hukumnya untuk selalu diperiksa secara berkala. Tak cuma diperiksa, oli mesin juga wajib untuk segera diganti baru jika telah memasuki usia penggantian.Bicara oli mesin, untuk Low Cost Green Car (LCGC) seperti Agya sendiri pilihannya sangat beragam di pasaran. Hal ini pun mungkin bisa membuat AutoFamily bingung memilihnya.​​​​​​​ BOOKING SERVICE DI BENGKEL AUTO2000 DENGAN MUDAH MENGGUNAKAN DIGIROOM Tenang, jangan bingung. Sebab memilih oli mesin untuk Toyota Agya bertransmisi matic ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui rekomendasi kekentalan dari pabrikan Toyota dan mencarinya di pasaran.Mobil ini sendiri direkomendasikan untuk menggunakan oli mesin SAE 0W-20. Bisa dikatakan bahwa oli tersebut sifatnya cukup encer, hal ini selaras dengan profil mesin 1.200 Agya yang memiliki komponen sangat presisi.Oli yang baik untuk Agya selain wajib punya nilai viskositas maupun spesifikasi teknis yang sesuai dengan kondisi iklim tropis Indonesia, namun juga harus sesuai dengan kinerja mesin modern Toyota dengan teknologi Dual VVT-i.Sebenarnya AutoFamily tak perlu pusing untuk mencarinya di mana oli dengan kekentalan tersebut. Anda hanya perlu datang ke bengkel Auto2000 terdekat dan oli Agya matic akan langsung diberikan pada mobil Anda secara baik dan benar. Di Auto2000 tersedia oli mesin TMO yang dirancang untuk berbagai macam mobil Toyota, termasuk Agya matic.Penggantian oli Agya bertransmisi matic sendiri sama seperti mobil Toyota lainnya, yaitu setiap 10.000 KM atau setiap 6 bulan sekali. Jangan sampai AutoFamily telat melakukan penggantian oli mesin supaya kinerja LCGC satu ini selalu terjaga.Selalu lakukan servis berkala secara rajin dan gunakan layanan booking service menggunakan aplikasi Auto2000 Digiroom.Auto2000 Digiroom

Ganti oli mobil Agya dengan spesifikasi yang sesuai, yaitu SAE 0W-20 dan 5W-30. Ini rekomendasinya. Simak juga rekomendasi oli transmisi.

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah seperti saudara kembar. Keduanya termasuk LCGC, yaitu Low Cost Green Car. Mobil-mobil ini memiliki spesifikasi oli tersendiri. Lantas, bagaimana oli yang direkomendasikan untuk oli mobil Agya?

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.

Spesifikasi Oli Mobil Agya

Mobil Agya disarankan untuk menggunakan oli dengan spesifikasi SAE 0W-20 atau SAE 5W-30. Oli-oli ini memiliki kekentalan yang cukup encer, cocok untuk mesin mobil Agya. Oli 0W-20 cocok untuk Toyota Agya 1.200 cc sedangkan 5W-30 cocok untuk Toyota Agya 1.000 cc karena komponen mesinnya yang presisi.

Bagaimana jika menggunakan oli yang lebih  kental, seperti 10W-40?

Menggunakan oli yang kental untuk Toyota Agya akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena kerja putaran mesin yang lebih berat. Sehingga mobil terasa tidak bertenaga, bahkan dapat merusak mesin jika digunakan dalam jangka panjang.

Berapa Biaya Ganti Oli Toyota Agya?

Toyota Agya dengan mesin 1.000 cc 3 silinder memiliki kapasitas 3 liter oli. Sedangkan mesin 1.200 cc 4 silinder memerlukan 4 liter oli. Kemudian biasanya ketika ganti oli perlu juga untuk mengganti filter oli dan oli gasket. Harga filter oli sekitar Rp50-80 ribuan dan gasket oli Rp18 ribuan. 

Sebagai contoh, harga oli 0W-20 sekitar Rp190 ribuan per liter dan harga oli 5W-30 Rp170 ribuan per liter. Jadi total biaya ganti oli mobil Agya adalah sekitar Rp 500-700 ribuan. 

Rekomendasi Oli Mobil Agya

Toyota memang memiliki produk oli sendiri, yaitu Toyota Motor Oil. Tetapi oli mobil Agya juga bisa menggunakan merek lain dengan spesifikasi yang sesuai. Mari kita simak rekomendasi merek untuk oli mobil Agya.

1. Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant 0W-20

Rekomendasi yang pertama adalah TMO Lubricant 0W-20. Oli ini sudah mengantongi standar SN-GF-5 dengan bahan Full Synthetic. Terdapat formula Eco Power pada oli mesin ini. Selain itu juga ada teknologi Actifilm Technology yang dapat melindungi mesin dari keausan dan kebocoran, serta menghancurkan kerak pada dinding mesin. Oli TMO ini dibanderol dengan harga Rp650 ribuan untuk paket 4×1 liter.

Baca Juga: Oli Toyota (Toyota Motor Oil/TMO): Tipe dan Keunggulannya

2. TOP 1 HP Sport 0W-20

TOP 1 HP Sport 0W-20 sudah memenuhi standar API dan juga ILSAC. Oli ini juga telah dipercaya oleh komunitas Toyota Agya. Selain digunakan sebagai oli mobil Agya, direkomendasikan juga untuk mobil-mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, dan Daihatsu Ayla.

Oli ini mampu melumasi seluruh komponen mesin dan memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp90-100 ribuan per liter. Harga yang cukup murah untuk oli 100% full sintetis.

Teknologi yang terdapat pada oli ini adalah Xtra-Clean Additives dan Stop And Go Formulation. Teknologi ini dapat membersihkan mesin secara menyeluruh, dapat mengikat kotoran dan mencegah kotoran kembali menempel. Selain itu juga oli ini dapat melindungi komponen mobil meskipun pada lalu lintas yang padat dan macet.

3. Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20

Castrol Magnatec Stop-Start juga dapat digunakan sebagai oli mobil Agya yang sering melalui kemacetan. Oli ini diklaim dapat memberikan perlindungan 20 persen lebih banyak ketika mesin dalam kondisi berhenti-jalan. 

Selain itu, terdapat molekul pintar yang dapat melekat dan membentuk lapisan untuk perlindungan. Kondisi ini yang membuat oli selalu siap melindungi ketika mobil stop and go. Harga oli Castrol Magnatec Stop-Start 0W-20 adalah sekitar Rp165 ribuan per liter.

4. Shell Helix Eco

Oli Shell Helix Eco diformulasikan untuk mobil-mobil LCGC. Sesuai dengan namanya, terdapat teknologi Active Cleansing Technology dan Fuel Economy. Teknologi ini secara khusus dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit pada mobil-mobil LCGC.

Sementara itu teknologi Active Cleansing mampu membersihkan mesin dari endapan kotoran. Oli dengan standar ILSAC GF-5 ini juga telah diformulasi dengan tingkat penguapan yang rendah, sehingga volume oli juga lebih terjaga.

Baca Juga: Oli Shell Helix: Pilihan Varian Seri, Spesifikasi, dan Harga

Oli Transmisi untuk Toyota Agya

Selain oli mesin, kamu juga perlu mengganti oli transmisi secara berkala, baik pada mobil manual maupun mobil matic. Fungsi oli transmisi adalah sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antar komponen pada sistem transmisi.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sistem transmisi berfungsi untuk akselerasi kendaraan dan juga mengarahkan mobil. Untuk memindahkan tuas transmisi atau persneling dengan mudah maka dibutuhkan oli transmisi. Apalagi pada mobil matic yang membutuhkan oli transmisi sebagai penambah tenaga 

Ini dia contoh oli transmisi yang direkomendasikan untuk mobil Agya.

Baca Juga: Penting! Ini Fungsi Oli Transmisi Manual dan Tanda Harus Ganti

1. TMO ATF WS

Oli mobil Agya untuk transmisi yang pertama adalah TMO ATF WS. Oli ini direkomendasikan untuk transmisi otomatis mobil penggerak roda depan dan juga oli power steering untuk semua jenis kendaraan. Keunggulan TMO ATF WS ini adalah suhu yang stabil sehingga performa transmisi lebih awet.

Selain itu tentu saja melindungi komponen dari keausan dan membuat perpindahan transmisi lebih halus. Oli ini direkomendasikan untuk mobil matic non CVT. Harga oli ini untuk kemasan 4 liter adalah Rp295 ribuan.

2. TOP 1 ATF

Rekomendasi yang kedua adalah oli transmisi dari TOP 1. TOP 1 ATF Series ini cocok digunakan sebagai oli mobil Agya karena dapat menjaga kondisi transmisi untuk waktu yang lama. Terdapat formula dan bahan aditif yang sudah melalui berbagai sertifikasi. Cocok digunakan untuk mobil dengan kecepatan tinggi atau mobil keluaran terbaru.

Jadi, selalu ikuti panduan penggantian oli mobil Agya ya. Kamu bisa menemukan 1.000+ bengkel umum terdekat lokasimu di aplikasi Otoklix untuk melakukan ganti oli. Kumpulkan juga OtoPoints yang dapat ditukarkan untuk perawatan berikutnya.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar Oli Mobil Agya

Toyota Agya dengan mesin 1.000 cc 3 silinder memiliki kapasitas 3 liter oli. Sedangkan mesin 1.200 cc 4 silinder memerlukan 4 liter oli.

Perbedaan antara Toyota Agya 1.000 cc dan 1.200 cc di jumlah liter oli mesin, kalau yang 1.000 cc butuh 3 liter oli mesin, 1.200 cc butuh 4 liter oli mesin.

Ada dua spek oli yang direkomendasikan, yaitu oli Toyota Motor Oil (TMO) dengan angka SAE 0W-20 dan SAE 5W-30. Bila dilihat dari spesifikasi angka SAE-nya yang rendah, oli Toyota Agya baru ini termasuk dalam kategori oli encer.

GridOto.com – Bagi Anda yang meminang Toyota Agya baru, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dengan servis rutin.

Tidak terkecuali oli mesin Toyota Agya yang perlu diganti secara rutin, jangan sampai memakai spesifikasi oli yang salah.

Sebagai gambaran, ini biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli oli mesin Toyota Agya baru saat perlu diganti.

“Agya baru pakai Toyota Motor Oil full sintetis, spek yang dianjurkan SAE 0W-20 dan SAE 5W-30,” buka Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Untuk SAE 0W-20 dibanderol dengan harga Rp 190 ribu per liter dan SAE 5W-30 seharga Rp 170 ribu per liter sudah termasuk PPn.

Ilustrasi. Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20

tokopedia.com

Ilustrasi. Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20

Baca Juga: Apa Benar Bahan Carbon Fiber Bisa Menahan Suhu Panas? Ini Faktanya

“Mesin yang 1.000 cc 3 silinder perlu 3 liter oli, kalau mesin 1.200 cc 4 silinder perlu 4 liter oli,” terang Edwin.

Jika varian 1.000 cc 3 silinder pakai SAE 0W-20, biaya yang diperlukan sebesar Rp 570 ribu, atau kalau pakai SAE 5W-30 biayanya menjadi Rp 510 ribu.

Sedangkan untuk yang varian 1.200 cc 4 silinder perlu biaya Rp 760 ribu kalau pakai SAE 0W-20, atau Rp 680 ribu kalau pakai SAE 0W-30.

Biaya ini hanya untuk oli mesin saja, belum termasuk penggantian filter oli Rp 30 ribu dan jasa penggantian oli.

Oh ya, referensi harga ini diperoleh GridOto.com dari bengkel resmi Toyota Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan per April 2020.

GridOto.com – Toyota Agya facelift resmi diluncurkan oleh PT Toyota-Astra Motor di Indonesia secara virtual beberapa waktu lalu.

Bagi Anda yang hendak atau sudah membeli Toyota Agya baru, jangan sampai menggunakan oli mesin yang salah.

Jangan sampai salah, ini spesifikasi oli mesin untuk Toyota Agya baru yang direkomendasikan bengkel resmi.

“Untuk yang mesin 1.000 cc 3 silinder dan 1.200 cc 4 silinder pakai jenis oli full synthetic,” buka Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Ada dua spek oli yang direkomendasikan, yaitu oli Toyota Motor Oil (TMO) dengan angka SAE 0W-20 dan SAE 5W-30.

Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 jadi oli yang tingkat kekentalannya paling encer besutan Toyota

KompasOtomotif.com

Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 jadi oli yang tingkat kekentalannya paling encer besutan Toyota

Baca Juga: Apa Benar Bahan Carbon Fiber Bisa Menahan Suhu Panas? Ini Faktanya

Bila dilihat dari spesifikasi angka SAE-nya yang rendah, oli Toyota Agya baru ini termasuk dalam kategori oli encer.

“Kedua oli ini sudah memenuhi standar API dan dilengkapi dengan teknologi Actifilm,” sebut Edwin.

Lanjut Edwin, Actifilm bekerja dengan menjaga molekul oli untuk terus melapisi komponen di dalam mesin seperti lembaran film.

Lapisan ini akan menjaga pelumasan terutama pada komponen yang bergerak tahan terhadap friksi dan panas dari gesekan.

“Penggantian oli mesin bisa tahan sampai 10.000 km atau setiap 6 bulan, juga mengikuti prosedur servis rutin,” tutur Edwin.

Related Posts

Cara membersihkan jok kulit mobil berjamur

1. Jok mobil berbahan kulit sintetis Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya…

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Mobil Matic

Ketika membahas perawatan mobil matic, penting untuk memahami perbedaan antara oli mesin dan oli transmisi. Kedua jenis oli ini berbeda dalam fungsi dan peranannya pada mobil matic…

Cara pasang rpm digital pada mobil kijang super

Pengurus Organisasi Jazz Indonesia Bidang Otomotif Inilah video Berita, Informasi, dan ulasan Cara Pasang RPM / Tachometer Digital di Toyota Kijang Super 89 | Tutorial, tentang Mobil…

Cara Memperbaiki Spion Mobil Xenia

Apabila spion mobil Xenia Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan…

Mengapa Velg Mobil Bisa Peyang? Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pernah mengalami masalah velg mobil yang peyang atau bengkok, pasti merasa sangat tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja mobil…

Perbedaan Air Aki Mobil dan Motor

Jika Anda mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, maka Anda pasti tahu tentang aki. Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil dan motor yang berfungsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *