Perbedaan cat mobil nc dan pu

Pada umumnya yang dinamakan sebagai

Adapun kekurangan dari

Termasuk jenis cat yang mahal, cat PU biasanya disebut dengan cat oven karena proses pengeringannya menggunakan oven. Tanpa teknik oven, proses pengeringannya memakan waktu lebih lama yang jika menggunakan teknik oven hanya membutuhkan waktu 60 menit saja. Cat PU merupakan bahan cat premium yang berkualitas tinggi. Sesuai namanya, polyurethane adalah bahan yang dihasilkan dari polimerisasi dan urethane.Pada umumnya yang dinamakan sebagai cat PU adalah suatu jenis cat yang terdiri dari dua komponen dimana terdapat bahan PU dan isocyanate sebagai hardener. Bahan ini merupakan suatu jenis coating yang bisa menghasilkan lapisan film yang kuat dan keras. Cat PU memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki daya kilat yang tinggi, daya tutup yang bagus dan keras, tahan terhadap goresan, bahan kimia, dan panas serta tahan lama. Pabrik pembuatan mobil umumnya menggunakan cat jenis untuk finishing mobilnya sehingga warnanya mampu bertahan selama bertahun-tahun.Adapun kekurangan dari cat PU ini harus mencampurkan dua komponen dengan perbandingan yang tepat saat digunakan, memiliki pot life yang relatif pendek yaitu berkisar antara 2-3 jam saja, maka dari itu pencampuran bahan ini harus diperhitungkan dengan baik untuk menghindari pemborosan akibat material yang kering tanpa terpakai. Cat PU ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pengeringannya sehingga memerlukan waktu lebih untuk finishing.

Gridoto.com – Kalian yang baru ingin melakukan cat ulang kendaraan mungkin bingung dengan bedanya cat jenis PU (Poly Urethane) dan NC (Nitro Cellulose) .

Cat jenis PU dan NC memang menjadi dua jenis cat yang paling banyak digunakan untuk melapisi bagian kendaraan.

Biar kalian tidak bingung, yuk kita cari tahu apa bedanya.

“Cat NC punya kelebihan harganya yang lebih terjangkau dan lebih cepat kering dibandingkan cat jenis PU,” buka Lukman Hakim, dedengkot workshop Anggoro Lets Go Paint Brush and Art.

Baca Juga: Upgrade Rasio Yamaha Lexi, Bisa Substitusi Atau Pakai Aftermarket

Meski begitu, menurut Akim sapaan akrab Lukman Hakim, cat jenis NC ini jarang digunakan untuk menutupi komponen kendaraan pribadi.

“Karena pigmen warnanya kurang menutup dibandingkan cat PU. Jadi untuk mendapatkan warna yang diinginkan harus disemprot beberapa lapis,” yakin Akim yang workshop-nya di Jl. H. Marzuki VI, RT 03/RW 01 No. 39, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur..

Selain itu, cat jenis NC juga kurang mengkilap dan lebih mudah kusam dibandingkan cat jenis PU.

Makanya, cat jenis NC jarang digunakan untuk kendaraan pribadi.

Baca Juga: Bikin Tarikan Yamaha Lexi Lebih Responsif, Cuma Modal Rp 100 Ribuan

Perbedaan cat pu dan nc – Hallo dulur.. Baru-baru ini banyak yang ingin mencoba mengecat mobil sendiri dirumah dengan alasan lebih menghemat biasa. Secara bila menyerahkan pada bengkel ahlinya bisa 3-5 jutaan untuk pengecatan full body, mungkin bisa lebih mahal bila dilakukan di bengkel resmi sekelas Nasmoco atau Auto 2000.

Tentu sebelum memulainya anda perlu menyiapkan berapa peralatan serta bahan yang berkualitas agar nantinya hasil pengecatan mampu bertahan lebih lama dalam berbagai kondisi. Sedangkan untuk alat agan cukup menyiapkan spray gun K3 untuk motor dan F75 mobil, karena objek cukup luas jadi butuh spraygun yang lebih besar. Yang tak bisa di tinggalkan adalah kompresor, anda bisa memakai kapasitas 1 HP kapasitas 25 liter yang harganya 1.2 jutaan.

Bila untuk mengecat full body sekelas kijang super atau avanza jumlah bahan yang perlu dipersiapkan adalah thinner super 1 galon 5 liter, epoxy filler 1 kg, cat dasar 2 kg, cat inti 2 kg sementara untuk clear coat nya 2kg dan thinner untuk clear 2 liter. Untuk sekelas mobil sedan matrialnya 25% lebih sedikit. Sedangkan ukuran amplas yang dipakai adalah 120, 240, 400 dan 2000 untuk tahap finishing. 

menentukan waktu dan lokasi juga tak kalah penting. Pastikan dirung tertutup, paling tidak ada atap diatasnya agar partikel debu tidak ikut tercampur saat proses pengecatan berlangsung. Untuk mesin oven sebetulnya tidak begitu perlu ya masbro, pasalnya suhu di negara kita sudah panas dan cukup buat mengeringkan cat secara sempurna. Beda bila di Eropa sana yang dingin jadi butuh alat pengering.

Seperti yang kita tahu bahan auto refhinish mobil motor terdapat dua tipe yakni PU dan NC baik untuk cat, thinner maupun clear coat. Lantas apa yang membedakannya.. ?

Perbedaan Cat PU dan NC Mana Yang Lebih Unggul

Ada dua jenis bahan cat yang biasanya digunakan dalam sebuah pengecatan baik untuk mobil ataupun motor. Pertama adalah tipe NC Nitro Chelulosa, ke dua PU Poly Urethane. Sesuai dengan sifatnya cat NC umunya digunakan pada kendaraan umum seperti angkotan kota, pic up namun ada juga yang diaplikasikan di mobil pribadi dengan alasan menekan biaya pengerjaan. Sedangkan PU banyak dipakai pada mobil mewah. 

  • Cat PU

Merupakan jenis atau bahan cat yang cukup mahal. Cat PU juga sering disebut cat bakar, karena proses pengeringanya lebih cepat meski tanpa mesin oven. Bahkan 10-15 menit sudah kering dan sudah bisa di lapisi clear coat. 

Baca juga AWAS KELIRU !! Perbedaan Cat Dasar dan Epoxy

Kelebihan yang cukup mencolok cat PU dibandingan cat NC diantaranya memiliki daya kilap tinggi, warna lebih terlihat tajam, daya tutup lebih cepat dan tidak gampang pudar meski sering terpapar panas matahari sekalipun. 

Baca juga Yuk Simak Perbedaan Cat Mobil Oven dengan Biasa

Bagi agan yang mengutamakan kualitas sudah pasti jenis cat inilah yang wajib anda pakai maski harganya cenderung lebih bahal, 2 sampai 3kali lipat harga cat NC. Perlu anda tahu mobil mobil baru dari pabrik menggunakan bahan dasar PU, tak heran meski usianya 5-10 tahun lebih warnanya tidak berubah dan tetap mengkilap.

Hasil repair dengan cat pu

Beberapa merk cat pu yang bagus di antaranya spies heacker, sikknes, autobright, drasso, blinken dan lainya. 

  • Cat NC

Nitro chelulosa merupakan bahan alternatif ke dua auto refinish yang lebih murah Untuk kualitas tentu masih dibawah tipe PU, dengan beberapa kelemahan diantaranya warna cenderung kurang tajam atau lebih pucat, serta gampang pudar meski sudah dilapisi clear coat, daya tutup cenderung lebih lama jadi proses pengerjaan lebih panjang dan lama kering.

Baca juga 4 Kelemahan Cat Ulang pada mobil Yang Harus Diketahui

Beberapa merk cat nc diantaranya Top color, Laba laba, Kliken, Penta super gloss, Glossy, Daimon, Danagloss, cardiac dan lainya. Karena kualitasnya cenderung standar harga jualnya pun cenderung lebih murah antara 65 ribuan untuk jenis solid dan metalic 120 ribuan perkilo.

Namun untuk mengakali agar bertahan lebih lama gunakan clear coat PU sebagai lapisan coatingnya, dengan begitu tingkat glossy bisa bertahan lebih lama dan tidak gampang pudar. 

Oke, demikian sekilas perbedaan cat pu dan nc meski kualitasnya hanya standar jika proses pengecatan dilakukan dengan baik dan benar tentu hasil yang didapat cukup memuaskan dan bertahan lebih lama. Jadi sudah tahu bukan mana bahan auto refinish yang paling pas buat mobil anda. 

Salah satu cara agar tampilan motor kembali kinclong bisa dengan cara repaint. Sebelum melakukan repaint, umumnya terdapat cat jenis PU (Poly Urethane) dan NC (Nitro Cellulose). Lantas, apa bedanya?

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat mengatakan salah satu perbedaannya ada dari segi harga. “Cat jenis NC itu punya harga yang lebih terjangkau dibanding jenis PU,” ujar Junistian saat disambangi OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Bolehkah Cat Semprot Langsung Ditimpa Cat Kompressor?

Fungsi Epoxy Saat Repaint

Namun, cat jenis NC punya kelemahan seperti kurang mengkilap atau glossy. “Kurang mengkilap hasilnya ketika kering dibanding cat PU yang hasilnya lebih baik. Meski kurang mengkilap tapi keunggulan lainnya yaitu sifatnya yang instan atau cepat untuk diaplikasikan, cepat kering ketimbang cat PU,” ucap Junistian.

Kemudian, cat jenis NC juga punya kekurangan lain, yakni daya tahannya kurang baik alias lebih cepat pudar. “Cat NC juga lebih cepat kusam, apalagi sering terkena paparan sinar matahari. Kalau jenis PU lebih tahan lama,” jelasnya.

Cat Semprot Ditimpa Cat Kompressor

Selain itu, untuk cat PU diklaim punya kelebihan pigmen warna yang bagus, sehingga tidak perlu berulang kali semprot untuk dapatkan warna yang diinginkan. “Kalau cat NC harus beberapa kali semprot baru keluar warnanya,” tuturnya.

   Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Poles Setelah Repaint Body Motor Selesai

Jadi, bagi Anda yang ingin cat ulang kendaraan, sebaiknya gunakan cat jenis PU agar hasil lebih maksimal dan tahan lama.

Meski teknologi pengecatan sudah sangat berkembang, namun cat duco mobil masih jadi alternatif pilihan terbaik bagi sebagian orang. Semua itu karena pengecatan dengan cara ini masih dianggap lebih praktis dan ekonomis untuk mengatasi problem pada cat bodi mobil.

Ada banyak alasan pemilik mobil mengecat mobilnya. Mulai dari baret, tabrakan, cat pudar, atau sekadar modifikasi. Namun jika sudah menyangkut biaya dan kualitas, pemilik akan memilih yang berkualitas namun harga masih terjangkau. Pilihannya memperbaiki di jasa cat duco mobil.

Sebenarnya apa saja keunggulan dan kelemahan dari jasa pengecatan duco ini? Coba kita pahami dulu beberapa fakta berikut ini:

#1: Pengertian Cat Duco

Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya

Banyak orang salah memahami arti cat duco. Dikira, cat duco merujuk pada teknologi pengecatan yang berbeda dibanding cat di bengkel-bengkel resmi atau bengkel besar. Kasarannya, metode pengecatan pinggir jalanlah.

Padahal “duco” sebenarnya jenis cat, di mana Duco sendiri adalah varian cat dari DuPont Paint.  

DuPont Duco merupakan cat berjenis nitrocellulose (NC). Karena cat ini begitu populer di masa lalu, akhirnya semua jenis cat NC disebut Duco.

#2: Perbandingan Cat NC dan PU

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Dibandingkan dengan bahan pembuatan cat lain (seperti misalnya dengan polyurethane – PU) cat NC punya keunggulan. Antara lain harga cat NC lebih murah dan lebih cepat kering.

Tapi sayangnya cat NC kurang tahan terhadap panas, sehingga lebih cepat pudar kilau warnanya dibanding cat PU.

Karena dua keunggulan itu, maka cat ini jadi andalan bengkel-bengkel cat yang menjual kecepatan pengerjaan dengan harga miring pula. Di Jakarta, jasa pengecatan semacam ini bisa dilihat di sekitar kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Sementara jka menggunakan cat PU, biaya menjadi lebih mahal. Hal ini mengingat proses pengeringannya harus menggunakan oven yang membutuhkan lagi ruangan dan energi listrik.

#3:  Kelebihan Mengecat Di Cat Duco

Mau Pakai Cat Duco Mobil? Ini Keuntungan Dan Kerugiannya

Jika memang Otofriends memilih mengecat di tempat cat duco, maka kelebihan yang langsung dirasakan adalah harga. Bahan cat harganya lebih murah dengan ongkos pengerjaan yang bisa ditawar.

Sekadar gambaran, saat ini untuk biaya pengecatan per panel berkisar antara Rp150 ribu sampai Rp250 ribu. Bandingkan dengan harga di bengkel cat yang mematok harga setidaknya Rp1 juta hingga Rp1,5 juta untuk bagian yang kecil atau per panel.

Kelebihan lain adalah proses yang sangat cepat. Dalam waktu sekitar satu jam, mobil sudah bisa digunakan kembali. Sementara di bengkel cat, bisa sampai berhari-hari karena pengeringannya membutuhkan proses yang lain.  

#4: Kelemahan Pengerjaan Di Cat Duco

Catat, Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Sayangnya pengerjaan dengan cat duco punya kelemahan utama yakni hasil cat belang. Hal ini terjadi karena kualitas pendempulan dan pencampuran warna sulit untuk bisa sama persis dengan warna cat orisinilnya.

Risiko lain adalah cat bisa terlihat tidak rapi. Jika pengaplikasian cat terlalu tebal maka akan terjadi gumpalan dari tetesan cat yang membeku di bagian bawah cat.

Pengecatan yang dilakukan di tempat sembarangan juga rentan terhadap paparan debu saat proses pengeringan. Debu yang menempel bisa menimbulkan noda dan membuat tekstur tidak mulus.

Kelemahan yang cukup merugikan, warna cat juga bisa cepat pudar. Terutama jika hasil pengecatan tidak dirawat dan dicegah dari kerusakan.

#5:  Perawatan Hasil Pengecatan

Sarung Mobil

Meski kelemahan cat duco adalah warna cepat pudar, namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa diantisipasi. Caranya mudah yakni cukup dengan tidak memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung.

Akibat parkir di tempat terbuka, sinar matahari yang dikombinasikan dengan air hujan, akan membuat hasil pengecatan jadi lebih mudah rusak.

Otofriends juga bisa merawat hasil cat duco dengan memberi cover pada mobil. Selain bisa menghindarkan debu dan kotoran, cover membuat permukaan cat tidak tergores.

Apakah kondisi cat mobil bisa menentukan nilai atau harga dari sebuah mobil bekas?

Tentu saja. Dari kondisi cat kita bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah dilakukan perbaikan bodi atau bahkan dicat ulang. Dua kondisi itu bisa menjadi indikasi apakah mobil tersebut pernah tabrakan hebat atau kecelakaan.

Nah, untuk mengetahui kondisi cat mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan peralatan dan inspektor yang andal, Otofriends bisa mendapat gambaran lengkap tentang kondisi mobil bekas yang akan dibeli. Dari sinilah kita akan dapat memilih mobil bekas yang terbaik sesuai harapan.

Related Posts

Cara membersihkan jok kulit mobil berjamur

1. Jok mobil berbahan kulit sintetis Kursi mobil berbahan kulit sintetis amat umum ditemukan. Bahan ini dipakai pada banyak tipe mobil Toyota. Warnanya yang beragam serta teksturnya…

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi Mobil Matic

Ketika membahas perawatan mobil matic, penting untuk memahami perbedaan antara oli mesin dan oli transmisi. Kedua jenis oli ini berbeda dalam fungsi dan peranannya pada mobil matic…

Cara pasang rpm digital pada mobil kijang super

Pengurus Organisasi Jazz Indonesia Bidang Otomotif Inilah video Berita, Informasi, dan ulasan Cara Pasang RPM / Tachometer Digital di Toyota Kijang Super 89 | Tutorial, tentang Mobil…

Cara Memperbaiki Spion Mobil Xenia

Apabila spion mobil Xenia Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan…

Mengapa Velg Mobil Bisa Peyang? Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda pernah mengalami masalah velg mobil yang peyang atau bengkok, pasti merasa sangat tidak nyaman saat berkendara. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempengaruhi kinerja mobil…

Perbedaan Air Aki Mobil dan Motor

Jika Anda mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, maka Anda pasti tahu tentang aki. Aki adalah salah satu komponen penting pada mobil dan motor yang berfungsi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *