Perawatan nissan elgrand

Otoseken.id - Nissan Elgrand generasi kedua (E51) menajdi salah satu big MPV Premium dengan harga yang makin terjangkau.

Nissan Elgrand E51 diproduksi mulai dari 2002, namun baru masuk ke Indonesia pada 2007 dengan tipe Highway Star.

Di bursa mobil bekas, harga pasaran Nissan Elgrand E51 ini mulai dari Rp 150 jutaan, lebih murah dapari Toyota Alphard tapi dapat fitur yang tak kalah mewah.

“Kelebihannya itu kabinnya luas, fitur-fiturnya juga mewah. Memang ini mobil sebenarnya kelasnya luxury, nilai prestige-nya juga enggak menurun,” ucap Ari Hidayat, kepala bengkel spesialis Nissan Jasmine Motor BSD.

Baca Juga: Nissan Elgrand E51, MPV Mewah Harga Bekasnya Sudah Seharga LCGC

Di balik kap mesin, ditanam mesin berkubikasi 3.500 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 273 dk dan torsi 353 Nm.

Ada juga pilihan mesin 2.500 cc V6 yang mampu menghasilkan tenaga 183 dk dan torsi 233 Nm.

Lantas bagaimana dengan biaya perawatan servis di bengkel spesialis?

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian dimana varian Q Toyota Alpard 8percepatan merupakan varian tertinggi. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

Toyota Alphard merupakan salah satu jenis mobil MPV kelas atas yang diluncurkan oleh Toyota Motor Corporation pada tahun 2002. Alphard menjadi pilihan utama mobil MPV keluarga pada kelas premium karena kabin nya yang cukup luas serta fitur-fiturnya yang lengkap dan berkelas.

Toyota Alphard sekarang masuk generasi ketiga yang sudah diluncurkan sejak 2015 lalu. Setelah sekian lama, harga Toyota Alpard generasi pertama dan kedua semakin terjangkau. Hal ini mendorong banyak orang yang tergoda membelinya dalam kondisi bekas.

Hal yang perlu diperhatikan saat memelihara MPV bongsor ini adalah biaya perawatan yang cukup mahal. Sebenarnya bukan dari jasa servisnya, melainkan dari harga sparepartnya yang memang tinggi. 

Jika Anda memiliki Toyota Alphard, maka perlu menyediakan biaya yang cukup besar untuk perawatan mobil. Untuk merawat mobil ini juga tidak bisa sembarangan, karena Anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel resmi atau spesialis Toyota yang memiliki teknisi dan peralatan yang cukup canggih untuk mendiagnosa kerusakan.

Sebut saja biaya tune up rutin untuk Alphard generasi pertama di bengkel spesialis Toyota berkisar Rp 300-350 ribuan. Harga tersebut belum termasuk scan ECU, sebesar Rp 200 ribu. Biaya akan semakin mahal bila waktunya mobil ini overhaul atau servis besar. 

Untuk biaya perawatan Alphard di bengkel resmi Toyota jelas lebih mahal. Biaya servis rutin mulai dari Rp 782.500 dan untuk servis besar mencapai Rp 4,6 jutaan. 

Biaya Perawatan Toyota Alphard Cukup Mahal

Walaupun sudah merawat mobil dengan rutin, namun tetap saja beberapa part pasti akan aus dan rusak. Jika tidak segera diganti, keausan ini akan membebani komponen lain pada mobil. 

Pada akhirnya komponen lain ikut rusak dan biaya perbaikannya akan sangat mahal. Tujuan overhaul atau servis besar ini mengganti atau memperbaiki komponen di dalam mesin dan beberapa bagian lainnya yang jangka waktu penggantian cukup lama. 

Untuk pengerjaan turun mesin ada biaya jasa teknisi, berkisar di angka 1 hingga 6 jutaan rupiah tergantung berapa lama waktu servis yang dibutuhkan. Saat melakukan turun mesin, akan ada biaya untuk melakukan penggantian sparepart. Biasanya onderdil yang biasanya diganti antara lain adalah packing set, sil, dan bushing yang berkisar Rp 1 jutaan. 

Jika onderdil yang rusak seperti piston, ring piston, cylinder liner atau boring, metal, dan valve, maka biayanya jauh lebih tinggi. Estimasi keseluruhan bisa mencapai Rp 15 jutaan untuk Toyota Alphard. 

Pemilik Alphard masih bisa bernafas lega karena harga part di kaki-kaki dan mesin cukup murah, sama dengan Camry. Biayanya nggak mahal dan ada part imitasi kualitas nomor dua. 

Biaya Perawatan Nissan Elgrand

Sebagai perbandingan, kita juga harus tahu seberapa biaya perawatan mobil sejenis dari merek lain. Nah, rival yang masih eksis sampai sekarang yaitu Nissan Elgrand walaupun populasinya tak sebanyak Alphard. Karena segmentasinya yang sama, maka biaya perawatan Elgrand juga hampir mirip dengan Alphard. 

Nissan Elgrand didukung berbagai kemewahan dan kualitas yang bagus. Baik itu dari segi kenyamanan berkendara, performa mobil yang mumpuni sampai keamanan dan keselamatan berkendara. Kelebihan Nissan Elgrand yang tidak kalah menariknya yakni sudah dilengkapinya mobil fitur magi middle seat, dengan adanya fitur tersebut pengemudi dan penumpang akan merasa suasana yang berkualitas dan premium.

Sebagai patokan, Elgrand E51 yang mesinnya VQ25DE, kualitas mesin dan kaki-kakinya kuat. Untuk sparepart di mesin dan kaki-kakinya banyak persamaan dengan Teana. Kemudian Elgrand E52 menjadi penyempurnaan yang produknya lebih solid. 

Biaya jasa servis besar di bengkel spesialis Nissan juga masih tergolong bersahabat, mulai dari Rp 450 ribu dan untuk servis besarnya Rp 600 ribuan. Sementara itu untuk biaya servis rutin di bengkel resmi Nissan mulai dari Rp 700 ribuan dan untuk servis besarnya sekitar Rp 1,4 jutaan belum termasuk sparepart. 

Servis ringan itu dianjurkan tiap 10 ribu kilometer. Dalam servis ringan yang dilakukan itu tune up, cek rem, dan cek filter. Untuk cek kampas rem dan vanbelt dilakukan setiap 20 ribu kilometer. 

Kemudian setiap 40 ribu kilometer, Nissan Elgrand harus masuk bengkel untuk melakukan servis besar. Dalam servis besar biasanya melakukan penggantian vanbelt, ganti filter, ganti oli transmisi matic dan air radiator atau coolant. 

Otomotifnet.com – Nissan Elgrand E51 seken khususnya tipe Highway Star jadi pilihan menarik bagi yang mencari MPV premium dengan tingkat kenyamanan dan gengsi lebih.

Menurut pantauan di pasar mobkas, MPV Premium ini bisa ditebus dengan harga mulai dari Rp 160 jutaan tergantung kondisi kendaraan.

Tak hanya itu Nissan Elgrand E51 yang masuk Indonesia sejak tahun 2007 sampai 2010 ini biaya perawatannya juga cukup terjangkau di bengkel spesialis.

Seperti yang dijelaskan Alo Samtono, selaku Kepala Mekanik Jasmin Motor, bengkel spesialis Nissan di Bekasi, Jawa Barat.

(Baca Juga: Nissan Livina, Juke, Sampai Navara di Solo Harga Stabil, Dijual Mulai Rp 190 Jutaan)

Bengkel Jasmin Motor

Bengkel Jasmin Motor

“Servis ringan itu dianjurkan tiap 10 ribu kilometer, ganti oli per 5 ribu kilometer, servis remnya per 20 ribu kilometer. Dalam servis ringan yang dilakukan itu tune up, cek rem, cek filter, untuk cek kampas rem dan vanbelt itu juga di 20 ribu kilo,” ujar Alo (15/1).

Sementara setiap 40 ribu km Nissan Elgrand harus masuk bengkel untuk servis besar.

“Dalam servis besar biasanya vanbelt Elgrand wajib ganti di 40 ribu kilometer, ganti filter, ganti oli transmisi matic sama air radiator atau coolant,” jelas Alo.

Untuk biaya jasa servis MPV premium seperti Nissan Elgrand di Jasmin Motor dibanderol mulai dari Rp 450 ribu.

(Baca Juga: Nissan Elgrand Seken Menarik, Pilihan MPV Pintu Geser, Dibanderol Mulai Rp 160 Jutaan)

GridOto.com – Guna menjaga performa Nissan Elgrand E51 agar tetap awet, salah satu caranya dengan perawatan berkala.

Bukan cuma oli mesin, oli matik dari Nissan Elgrand generasi kedua ini juga wajib diganti secara berkala agar performa transmisi tetap berjalan baik.

Menariknya, transmisi matik dari Nissan Elgrand dinilai tidak cengeng dan minim perawatan.

Samsul Solihin, Kepala Mekanik bengkel Central Nissan, menyarankan pemilik Nissan Elgrand E51 mengganti oli matik secara berkala pada kelipatan 40.000 km.

“Kami rekomendasi tiap 40.000 km ganti oli matik, mungkin kalau di bengkel resmi tiap 100.000 km, itu terlalu lama,” ujar Samsul kepada GridOto.com, Jumat (21/01/2022).

Pria yang gemar merestorasi kendaraan tua ini menjelaskan, jika pemilik jarang mengganti oli matik bisa berujung pada pendeknya umur transmisi matik.

Adapun ciri-ciri transmisi matik Nissan Elgrand yang bermasalah dapat dirasakan ketika memindahkan gigi.

“Sudah pasti kinerja matik sewaktu di D ngejedak perpindahan gigi tidak halus, kalau yang sudah parah banget tidak bisa jalan, tapi kami belum pernah menemukan sampai seperti ini,” ungkap Samsul.
 
Samsul melanjutkan, penggantian oli matik Nissan Elgrand E51 cukup dengan cara refill dan tidak perlu dikuras.

Baca Juga: Seken Keren – Panduan Servis Berkala dan Cek Harga Fast Moving Nissan Elgrand E51 di Bengkel Spesialis Mulai Rp 45 Ribuan

Soal harga, oli matik Elgrand E51 orisinal merek Nissan dibanderol mulai Rp 125 ribu per liter.

“Untuk Elgrand hanya ganti pakai 5 liter, jadi tinggal dikalkulasikan saja,” jelasnya.

Central Nissan:
 
Sentral onderdil BSD, Jalan Letnan Sutopo, Blok C No 8, Tangerang Selatan, Banten (Samsul: 0838-2066-4202)

Otomotifnet.com – Nissan Elgrand Highway Star meski berstatus MPV premium, tapi soal perawatan ternyata murah.

Komponen fast moving dari pesaing Toyota Alphard ini terbilang enggak terlalu mahal.

Bahkan, Alo Samtono, Kepala Mekanik bengkel spesialis Nissan, Jasmin Motor menjamin Elgrand lawas lansiran 2007-2010 mesinnya bandel dan suku cadangnya kuat.

“Nissan Elgrand E51 itu mobil CBU Jepang, partnya agak mahal tapi bahannya juga beda karena durability lebih kuat dibanding part mobil Nissan lainnya,” kata Alo yang bengkelnya di daerah Bekasi, (15/1/20).

(Baca Juga: Nissan Elgrand Mewah Tapi Murah, Status CBU, Suku Cadang Melimpah!)

“Misalnya harga 1 piringan rem Elgrand yang ori itu Rp 2 juta padahal kalau untuk Livina cuma Rp 375 ribu,” jelas Alo.

Mengenai komponen fast moving, Ia menyarankan pemilik Nissan Elgrand agar memakai suku cadang asli.

“Selama ini di bengkel, kebanyakan pakai part ori sih karena kualitas terjamin walaupun agak mahal,” katanya.

“Kadang ada juga yang minta pakai merek OEM tapi kalau di sini merek OEM itu sebelum dijual kami tes dulu bagus atau enggak, biar pelanggan enggak kecewa,” terang Alo.

Related Posts

Ukuran mobil nissan serena 2013

Bagian belakang mobil ini secara desain mengalami peningkatan yang sayangnya terasa minimalis, tidak terlalu signifikan. Desain lampu belakang masih sama dengan versi C24 hanya saja warna yang…

Kelemahan Grand Livina 2007: Mengetahui Masalah-masalah yang Mungkin Anda Hadapi

Kendala Kemacetan dalam Lalu Lintas perkotaan Menghadapi Tantangan Perjalanan Harian Anda Apakah Anda seorang pemilik Nissan Grand Livina 2007? Jika iya, artikel ini akan memberikan gambaran lengkap…

Menghitung Konsumsi BBM Nissan Serena 2005

Jika Anda memiliki Nissan Serena 2005 dan ingin menghitung berapa banyak bahan bakar yang Anda butuhkan untuk perjalanan Anda, maka artikel ini adalah untuk Anda. Konsumsi bahan…

Cara Membuka Kunci Mobil Nissan March: Tips Praktis Untuk Mengatasi Situasi Darurat

Kenapa Kunci Mobil Nissan March Harus Dibuka dengan Benar? Sebagai pemilik mobil Nissan March, pasti Anda pernah mengalami situasi darurat ketika kunci mobil Anda hilang atau terkunci…

Grand Livina Bisa Pakai Pertalite? Ini Jawabannya!

Apakah Anda ingin tahu apakah Grand Livina bisa menggunakan bahan bakar jenis Pertalite? Jika Anda seorang pengguna kendaraan Grand Livina, mungkin pertanyaan ini sudah pernah tersirat di…

Berapa Ukuran Aki Nissan Terrano? Semua yang Perlu Anda Tahu

Jika Anda memiliki Nissan Terrano, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran aki. Aki yang terlalu kecil dapat menyebabkan masalah saat menghidupkan mesin, sementara aki yang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *