Cara kerja kipas radiator mobil apv

Kapan kipas radiator mobil berputar? Kondisi apa yang menyebabkan kipas ini nyala terus? Ini dia 6 penyebabnya yang tidak boleh dibiarkan

Apa OtoFriends pernah bertanya-tanya kapan kipas radiator mobil berputar? Atau kenapa kipas radiator mobil nyala terus? Tentu saja kedua kondisi ini menandakan bahwa ada masalah di mobil. Apalagi radiator sangat penting untuk mendinginkan mesin. Berkendara juga jadi tidak nyaman. Jadi, mari kita cari tahu dulu informasi kapan kipas radiator mobil berputar dari Otoklix berikut ini.

Fungsi dan Cara Kerja Kipas Radiator

Sebelum mengetahui kapan kipas radiator mobil berputar, OtoFriends perlu tahu apa fungsi dari kipas radiator dan bagaimana cara kerjanya. Fungsi utama kipas radiator adalah menjaga air pendingin agar berada dalam suhu yang sesuai dengan suhu mesin saat bekerja. Selain itu, kipas radiator juga berfungsi untuk mendinginkan suhu kondensor AC agar tetap dalam kondisi normal.

Cara kerjanya ada dua macam yang dibedakan berdasarkan penggerak kipasnya sebagai berikut:

  • Manual Fan

Kipas radiator yang digerakkan dengan poros engkol atau manual fan akan bergerak secara terus menerus ketika mesin dihidupkan. Kipas pendingin ini dihubungkan dengan poros engkol melalui pulley dan sabuk (v-belt).

Kecepatan putaran yang dihasilkan akan sangat bergantung pada kecepatan mesin yang berputar. Jika mesin berputar dengan kecepatan tinggi, maka kipas juga akan berputar lebih cepat.

  • Electric Fan

Kipas radiator yang digerakkan oleh motor listrik ini sudah tidak memanfaatkan putaran dari poros engkol untuk memutarkan kipas pendingin. Namun, motor listrik bisa bergerak atau berputar jika ada arus listrik yang mengalir ke motor listrik tersebut. Tipe motor listrik yang digunakan untuk menggerakkan kipas radiator adalah motor listrik DC, yaitu jenis arus searah.

Penyebab Kipas Radiator Terus Berputar

Mulai dari komponen kelistrikan, seperti ECU dan AC, sampa sampai dengan komponen fan belt bisa jadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus. Ini dia pembahasannya:

1. Water temperature sensor rusak

Penyebab pertama yang biasa terjadi adalah kerusakan Water Temperature Sensor (WTS). WTS juga sering disebut sebagai ECT (Engine Coolant Temperature Sensor). Kerusakan ini biasanya terjadi karena korsleting. Nilai tahanan WTS ini akan tetap 0 dan arus listrik tetap mengalir ke ECU.

ECT ini sensitif terhadap panas dan bereaksi tergantung suhu dari apa yang diukur. Kemudian, data dari sensor bakal dikirim ke ECU. Di ECU, data itu diterjemahkan untuk memperkirakan suhu mesin. Misalnya suhu mesin sudah mencapai 90 derajat celcius. 

Artinya, ECU harus mengaktifkan kipas radiator dengan kecepatan rendah sampai ke suhu 80 derajat. Baru setelah itu kipas akan mati. Kalau suhunya tidak turun atau bahkan bertambah, ECU bakal mempercepat putaran kipas radiator. Jadi, kalau sensor ini rusak, kipas radiator bakal nyala terus.

2. Kerusakan Refrigerant Pressure Sensor

Selain WTS, komponen yang mungkin rusak dan membuat kipas radiator terus menyala adalah Refrigerant Pressure Sensor. Kalau komponen ini rusak, kipas akan terus menyala saat AC dinyalakan juga.

Normalnya, saat AC tidak menyala, putaran kipasnya tetap normal mengikuti kondisi sistem pendingin mesin. Namun, kalau komponen Refrigerant Pressure Sensor ini rusak, ECU akan memerintahkan kipas radiator untuk terus berputar.

Baca juga: Alat Pendingin Mesin Mobil Punya Banyak Komponen, Berikut Daftarnya

3. Kerusakan kondensor AC

Kapan kipas radiator mobil berputar berikutnya masih berhubungan dengan AC mobil. Sistem AC ini punya kondensor. Fungsi kondensor adalah mendinginkan Refrigerant atau freon. Apa hubungannya dengan kipas radiator? Sebab, kondensor ini letaknya berada di depan radiator. Jadi, selain mendinginkan radiator, kipas radiator juga berfungsi mendinginkan freon di dalam kondensor.

Terkadang, saat AC menyala, kipas radiator ini sebenarnya bukan sedang mendinginkan radiator, tetapi kondensor. Namun, bukan berarti kipas ini berputar selama AC dinyalakan. Kipas akan berputar hanya kalau suhunya sudah lebih dari 90 derajat.

Jadi, kalau kipas radiator nyala terus saat menyalakan AC, mungkin memang ada masalah. Bisa jadi pada masalah elektrikal atau bisa juga karena sirkulasi freon tersumbat.

Baca juga: Biaya Service Kompresor AC Mobil Jika Kompresor AC “Ngorok”

4. Kerusakan Fan Control Unit

Penyebab berikutnya kipas radiator berputar adalah saat ada masalah pada Fan Control Unit. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur kecepatan putaran kipas radiator sesuai dengan kebutuhan mesin. Namun, sebenarnya mobil-mobil modern sudah banyak yang tidak menggunakan part ini. 

5. Kerusakan Relay Fan Radiator

Adanya kerusakan di Relay Fan Radiator juga bisa jadi penyebab waktu kapan kipas radiator mobil berputar terus. Komponen ini adalah saklar elektrik yang bekerja secara elektromagnetik sesuai arus input di bagian kumparan. Artinya, kalau ada korsleting di komponen ini, maka kipas radiator akan menyala terus. Umumnya, penyebab Relay Fan Radiator ini rusak adalah usia pemakaian.

6. Visco kipas rusak

Penyebab lainnya bisa karena visco pada kipas tersebut rusak. Apa itu visco fan? Visco fan adalah kipas yang memanfaatkan oli sebagai pengatur kecepatannya. Cara kerjanya tergantung putaran yang dihasilkan mesin. Kalau mesin berada di suhu rendah, visco fan akan slip dan kipas berputar dengan lambat. Begitu juga sebaliknya. Kalau visco fan rusak, putaran kipas juga jadi tidak beraturan.

Itu dia 6 situasi kapan kipas radiator mobil berputar dan penyebab kipas radiator nyala terus. Saat ada masalah pada kipas radiator ini, yang pertama kali perlu dicek adalah non elektrikalnya. 

Kalau ada masalah yang menyangkut elektrikal mesin, biasanya lampu cek engine ini akan menyala. Cara mengeceknya adalah dengan menggunakan scan tool di bengkel terdekat.

Selanjutnya, kita bakal bahas tentang efek dari kipas radiator yang terus menyala.

Baca juga: Estimasi Biaya Harga Service Radiator Mobil dan Pengecekan

Efek Kipas Radiator Nyala Terus

Ada beberapa efek yang bisa dirasakan saat kipas radiator mobil menyala terus. Membiarkan kondisi ini juga tidak disarankan karena efeknya sebagai berikut:

1. Aki cepat soak

Kipas radiator yang terus menyala dan dibiarkan begitu saja akan membuat aki jadi cepat soak. AKibatnya, sistem kelistrikan mobil juga tidak bisa bekerja sempurna dan membuat perjalanan menjadi sedikit terganggu.

2. Mesin lebih boros 

Selain masalah pada aki, konsumsi bahan bakar mobil juga bakal boros. Mobil terasa tidak bertenaga karena mesin akan terus bekerja, sehingga pemakaian bahan bakar jadi lebih boros. Mesin yang terus bekerja secara tidak efisien akan membuat tarikannya kurang kuat.

3. Kenyamanan berkendara terganggu

Kipas radiator yang menyala terus tanpa henti tentunya menimbulkan perasaan was-was dan tidak nyaman dalam berkendara bukan? Oleh karena itu, segera atasi hal ini agar berkendara kembali nyaman.

Bagaimana OtoFriends, sudah terjawab kapan kipas radiator mobil berputar? Kalau ada masalah di bagian radiator, segera lakukan pengecekan di bengkel terdekat. Apalagi mobil yang sudah menggunakan ECU. Temukan bengkel terdekat yang punya scan tool di aplikasi Otoklix. Bisa juga filter bengkel khusus OtoSelect!

Pertanyaan Seputar Kipas Radiator Mobil 

Fungsi utama kipas radiator adalah menjaga air pendingin agar berada dalam suhu yang sesuai dengan suhu mesin saat bekerja. Selain itu, kipas radiator juga berfungsi untuk mendinginkan suhu kondensor AC agar tetap dalam kondisi normal.

Mulai dari komponen kelistrikan, seperti ECU dan AC, sampa sampai dengan komponen fan belt bisa jadi penyebab kipas radiator mobil nyala terus.

Ada beberapa efek yang bisa dirasakan saat kipas radiator mobil menyala terus, yaitu:
Aki cepat soak
Mesin lebih boros
Kenyamanan berkendara terganggu

Sebagai pemilik mobil, AutoFamily perlu tahu bagaimana cara kerja setiap komponen yang ada di dalamnya. Pemahaman tentang cara kerja komponen tersebut akan membuat AutoFamily lebih aware dalam memperhatikan setiap bagiannya dengan baik. Contohnya seperti kapan kipas radiator mobil berputar atau bagaimana cara kerja kipas radiator tersebut. 

Pada kesempatan kali ini AutoFamily akan diajak memahami komponen kipas radiator lebih dalam. Tidak hanya bagaimana fungsinya tetapi juga jenis dan cara kerja masing-masing kipas radiator. Kalau begitu langsung saja simak informasinya di bawah ini! 

Mengenal Apa Itu Kipas Radiator

Kipas radiator merupakan salah satu komponen krusial dalam mobil. Jika Anda pernah melihat baling-baling pada kipas di rumah maka bentuknya tidak jauh berbeda untuk kipas radiator. Komponen satu ini terletak di bagian depan mobil secara khusus di belakang radiator mobil. Letaknya yang berada di depan memang berguna sebagai jalan masuk utama bagi udara bersih. 

Fungsi Kipas Radiator

Kinerja kipas radiator yang cukup penting memang memberikan banyak dampak dalam kinerja mesin mobil. Mulai dari mengalirkan udara hingga menjaga suhu mesin-mesin agar tetap dalam batas yang normal. 

Dari semua fungsinya, secara khusus kipas radiator mobil berperan untuk mengalirkan udara ke dalam mesin melalui kisi-kisi dari radiator. Udara tersebut dibutuhkan supaya proses pembakaran di ruang bakar dapat berjalan dengan baik dan sempurna. 

Kemudian kipas ini juga berguna untuk menjaga suhu air radiator agar tetap dalam keadaan yang seharusnya. Keberadaannya dalam menjaga suhu sangat penting karena kinerja mesin dapat menurun kalau air radiator menjadi terlalu panas. Terakhir tetapi yang tidak kalah penting adalah mendinginkan kondensor AC supaya kondisinya tetap baik seperti yang seharusnya. 

DAPATKAN HARGA TERBARU TOYOTA RAIZE HANYA DI AUTO2000

Kapan Kipas Radiator Mobil Berputar?

Secara umum kipas radiator tidak akan bekerja setiap saat. Komponen tersebut mulai bekerja ketika AC dinyalakan dan saat suhu mobil terdeteksi sangat tinggi alias panas. Namun ada banyak hal yang mengakibatkan kipas radiator menjadi aktif setiap saat, contohnya seperti keadaan berikut ini. 

1. Suhu Mesin Sangat Tinggi

Suhu mesin yang sangat tinggi akan membuat kipas radiator langsung menyala. Faktanya memang mesin mobil tidak boleh berada dalam suhu yang sangat panas. Jika terlalu panas maka mesin bisa bekerja dengan tidak optimal. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga kalau mobil akan langsung mati tiba-tiba. Itu sebabnya kipas radiator akan langsung menyala dan tidak akan berhenti sampai suhu mesin turun. 

2. Sensor yang Rusak

Kipas radiator tidak bekerja dengan sendirinya tetapi ada komponen lain yang membantu mendeteksi suhu panas dari mesin yaitu ECT alias Engine Coolant Temperature. Komponen inilah yang bertugas memberitahukan kipas radiator apabila suhu mesin mulai memanas. 

Ketika ECT mulai rusak maka informasi yang diberitahukan dapat salah dan akibatnya membuat kipas radiator terus menyala meski suhu mesin sudah normal. 

Baca juga: 10 Komponen Radiator Mobil dan Fungsinya yang Harus Diketahui

3. AC Mobil Berada di Posisi ON

AC mobil biasanya ditinggalkan dalam posisi “ON” alias menyala ketika mobil dimatikan. Padahal tindakan seperti ini dapat membuat AC langsung bekerja ketika mobil menyala. Ketika AC terus berada di posisi “ON” maka tidak heran kalau kipas radiator terus-menerus menyala. 

4. Kondensor AC Bermasalah

Kondensor AC yang bermasalah juga dapat menyebabkan kipas radiator terus menyala tanpa henti. Ketika suhu kondensor meningkat melebihi 90 derajat maka kipas radiator akan langsung menyala dan mendinginkannya.

5. Fan Control Unit Bermasalah

Masih berhubungan dengan suhu mesin yang sangat panas yaitu masalah pada komponen fan control unit. Putaran kipas tentunya bisa diatur sesuai kebutuhan. Ketika mesin sangat panas maka putaran akan sangat cepat untuk menghasilkan udara dingin yang lebih besar. 

Namun saat penurunan suhu bisa dilakukan dengan cepat maka putaran kipasnya juga akan melambat. Saat fan control unit bermasalah maka kipas radiator juga akan berputar dengan cepat tanpa henti. 

Baca juga: Penyebab Air Radiator Berkurang dan Cara Mengatasinya

6. Rusaknya Relay Fan Radiator

Relay fan radiator berfungsi untuk mengalirkan tenaga kepada kipas supaya dapat bekerja dengan maksimal. Keberadaan komponen satu ini cukup sensitif sehingga saat terdeteksi ada arus pendek atau korsleting maka relay fan bisa rusak. Ketika relay fan rusak maka kipas radiator akan terus menyala. 

3 Jenis dan Cara Kerja Kipas Radiator

Kipas radiator yang dipasangkan pada mobil keluaran lama dan baru tentu saja berbeda. Perkembangan teknologi yang makin canggih memberikan perbedaan yang cukup signifikan terhadap kinerja mesin. Setidaknya ada 3 jenis kipas radiator yang tersedia, yaitu kipas mekanik, viscous, dan elektrik. 

1. Kipas Mekanik

Kipas mekanik bekerja dengan cara dihubungkan dengan waterpump dan sabuk kipas. Ketika semua komponen pendukungnya bekerja dengan baik maka kipas radiator juga akan bekerja maksimal. Namun kinerja kipas jenis ini memakan banyak tenaga mesin sehingga sudah jarang digunakan pada mobil keluaran terbaru. 

Baca juga: 5 Penyebab Sirkulasi Air Radiator Mobil yang Rusak

2. Kipas Elektrik

Kipas elektrik menjadi jenis yang banyak dipasangkan pada mobil-mobil terbaru. Kipas jenis ini sudah menggunakan sensor untuk memberikan informasi suhu mesin mobil. Ketika suhunya sangat panas maka kipas akan menyala. Saat suhunya sudah kembali normal maka kipas akan mati. 

3. Kipas Viscous

Kipas viscous bekerja dengan cara mengombinasikan fluida untuk mengunci gerakan kipas. Jadi putarannya tidak berpatokan pada putaran mesin saja tetapi juga dari suhu yang terdeteksi. Apabila suhu mesin meningkat maka vi-metal dan oli akan langsung bereaksi serta membuat kipas bekerja. 

Kipas radiator yang berfungsi menjaga suhu mesin tetap dalam batas normal memang sangat dibutuhkan demi kelancaran kinerja mobil. Jadi tidak heran apabila kipas akan terus menyala saat mobil digunakan untuk berkendara. 

Baca juga: Kenali 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis

Namun apabila ada yang aneh yakni kipas radiator bekerja terus-menerus tanpa sebab maka AutoFamily harus langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 yang terdekat. Jarang membawa mobil untuk diservis dapat menjadi salah satu penyebab mengapa muncul masalah kipas yang terus-menerus berputar. 

Untuk itu AutoFamily tidak boleh lagi menoleransi perawatan mobil secara berkala yang dibutuhkan. Langsung saja jadwalkan kedatangan Anda melalui Auto2000 Digiroom sekarang! 

Selain servis, AutoFamily juga bisa menemukan kupon, promo, test drive, trade in, hingga informasi mobil terbaru dari Toyota. Contohnya seperti informasi harga, mesin, fitur keamanan, interior, dan eksterior Toyota Innova Zenix. Temukan layanan dan informasi yang Anda butuhkan hanya di Auto2000!

Semoga informasi mengenai kapan kipas radiator mobil berputar bermanfaat untuk AutoFamily!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Related Posts

Semua yang Perlu Diketahui tentang Ukuran Diameter Stir Mobil Carry

Apakah Anda memiliki mobil carry dan ingin mengganti atau mengganti ukuran diameter stir mobil Anda? Ukuran stir mobil adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan dan…

Mengapa Mobil Carry Susah Hidup di Pagi Hari?

Jika Anda pemilik mobil tipe Carry, mungkin pernah merasakan kesulitan dan kebingungan saat mobil susah dihidupkan di pagi hari. Padahal, mobil Carry terkenal dengan mesinnya yang irit…

Suzuki Swift vs Ignis: Perbandingan Menarik Diantara Keduanya

Mengapa Memilih Antara Suzuki Swift dan Ignis menjadi Bukan Keputusan yang Mudah Suzuki Swift dan Ignis adalah dua pilihan populer dalam pasar mobil kompak saat ini. Keduanya…

Kenali Masalah pada Suzuki Swift dan Solusinya

Suzuki Swift adalah salah satu mobil favorit di Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin memiliki mobil dengan performa tinggi dan harga yang terjangkau. Namun, seperti halnya mobil…

Mobil carry tidak bisa hidup

Mobil Carry merupakan salah satu mobil tua yang cukup laris di pasaran Indonesia. Tetapi, ada beberapa penyebab mobil Carry susah hidup. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kerusakan pada…

Penyebab AC Mobil Baleno Tidak Dingin: Cara Mengatasinya

Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan AC mobil Baleno yang tidak dingin? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. AC mobil yang tidak dingin bisa menjadi masalah yang menjengkelkan,…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *